Monday, 1 December 2014

Mengenal Sistem Hormon Tubuh Manusia

Tags

Sistem Hormon – Merupakan sistem yang mana tersusun mulai dari penghasil hormon atau kelenjar itu sendiri, hormon itu memiliki bentuk cair yang mana dihasilkan oleh kelenjar. Kelenjar itu sendiri terbagi menjadi 2 macam yakni kelenjar eksokrin dan endokrin. Untuk kelenjar eksokrin itu sendiri merupakan kelenjar yang mana menghasilkan hormon untuk dikeluarkan tidak didalam darah tetapi untuk dipermukan organ atau jaringan epitel. Berbeda hal nya dengan kelenjar endokrin yang mana mengeluarkan hormon ke dalam darah. Untuk contoh kelenjar eksokrin itu sendiri berada di sekitar saluran pencernaan, kelenjar air mata, kelenjar minyak yang terletak di kulit. Sedangkan untuk kelenjar endokrin contohnya yakni kelenjar pancreas, tiroid, paratiroid dan juga adrenal.

sistem hormon

Hormon Estrogen

Hormon Estrogen mempunyai beberapa peran yang berbeda didalam tubuh kita, yang mana fungsinya sendiri yakni untuk pengembangan dan juga pengoperasian saluran reproduksi perempuan. Selain dari itu juga hormon estrogen ini memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tulang dan juga memproduksi protein tertentu yang penting untuk fungsi tubuh. Hormon yang satu ini lebih mengasosiasikan fungsinya pada sistem reproduksi wanita yang mana memiliki peran penting untuk perkembangan reproduksi wanita dan juga untuk membawa ke proses kehamilan terlebih lagi dalam masa pubertas. Di masa ini tentunya peningkatan hormon estrogen akan mendorong perkembangan karakteristik seksual pada wanita yang hal tersebut akan memungkina pertumbuhan jaringan payudara, mendistribusikan lemak dan juga bisa mendorong pemaytangan organ reproduksi internal lainnya termasuk rahim dan juga saluran tuba.

Hormon Testosteron

Hormon testosteron merupakan bagian dari kelompok androgen yang memiliki fungsi untuk kesehatan tubuh pria dan wanita. Menurut perbandingannya rata-rata pria dewa akan menghasilkan hormon ini jauh lebih banyak 20 kali lipat dibandingkan wanita. Ketika kadar hormon ini sudah mencapai puncaknya ketika masih berusia muda namun akan terus menurun ketika sudah mencapai usia 30 tahun keatas. Selain itu juga hormon testosterone ini memiliki peran untuk menjaga oto dan juga tulang supaya tetap kuat dan juga menjaga kadar lemak supaya tetap rata. Menurunnya hormon testosterone selain bisa menyebabkan menurunnya massa oto, dan juga kepadatan tulang tentunya bisa juga menyebabkan beberapa jenis masalah kesehatan. Jadi ada baiknya jika Anda yang sudah memasukin umur 30 tahun keatas bisa berhati-hati untuk lebih menjaga kesehatan tubuh mulai dari pola hidup yang sehat.

Hormon Progesteron

Hormon Progesteron merupakan hormon primer pada kaum wanita yang mana mempunyai peran penting untuk mendorong proses metabolism pada tubuh dan juga untuk mengendalikan aktifitas hormonal pada tubuh wanita. Tentunya jika kekurangan hormon ini tentunya akan menyebabkan komplikasi untuk fungsi tubuh para wanita. Sebenarnya hormon ini diproduksi didalam ovarium yang memiliki tanggung jawab ataupun peran atas perubahan yang akan terjadi dalam rahim tentunya salam paruh dan juga akhir siklus menstruasi. Hormon ini juga memilik peran penting ketika pada tahap awal kehamilan yang mana bisa mempersiapkan rahin dam juga implantasi telur yang nantinya akan dibuahi serta memiliki peran bertanggung jawab untuk menjaga rahim sampai proses kehamilan sukses.

Itu hal informasi mengenai sistem hormon yang ada didalam tubuh kita ini, dimana tentunya kita memiliki sistem hormon yang memiliki peran penting untuk kelancaran organ tubuh supaya tetap berfungsi dengan baik. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda

Artikel Sebelumnya

Klasifikasi Makhluk Hidup

Sistem Peredaran darah manusia

Macam macam Bioma