Berlangganan

Manfaat buah pepaya untuk diet dan ibu hamil

Manfaat buah pepaya – Buah pepaya adalah buah yang berasal dari meksiko, namun kini sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia juga mudah kita temukan. Buah pepaya termasuk makanan yang digemari karena dapat dikonsumsi dalam kondisi mentah maupun dengan cara dibuatkan sayur. Bagian buah peepaya yang bermanfaat adalah buahnya karna dikenal mengandung vitamin C yang tinggi. namun bagian daunnya juga tidak kalah berguna. Nah apa saja manfaat buah pepaya?

manfaat buah pepaya

1. Dapat meningkatkan kecehatan kulit

Kandungan vitamin A,C dan E di dalamnya dapat membantu membuat kulit menjadi cerah dan menghilangkan kusam serta melembabkan kulit agar tidak kering.

2. mengobati sembelit

Penyakit sembelit adalah masalah pada sistem pencernaan dimana anda sulit untuk BAB. Nah kandungan serta yang tinggi di dalam buah pepaya dapat memperlancar sistem pencernaan anda.

3. Membantu menjaga kesehatan mata

Bila anda orang yang selalu berhadapan dengan layar monitor maka mengonsumsi buah pepaya adalah solusinya karena kandungan Vitamin A di dalamnya dapat membuat mata selalu segar dan tetap sehat.

4. Membantu mengurangi radikal bebas

Radikal bebas yang berasal dari lingkungan cukup berdampak buruk pada tubuh terutama kulit yang mudah mengeriput. Nah dengan mengonsumsi buah pepaya yang tinggi kandungan antioksidan tersebut ternyata dapat mengurangi radikal bebas.

5. Mengatasi kulit memepuh

Bila secara tidak sengaja anda terkena panas tiba – tiba dan menyebabkan kulit melepuh maka anda dapat membuat ramuan dari kulit pepaya dengan cara mengambil bagian getahnya lalu oleskan pada bagian yang melepuh tersebut.

6. Meningkatkan nafsu makan

Bagi anda ataupun anak – anak yang kekurangan nafsu makan maka cukup dengan mengonsumsi daun peepaya beberapa lembar saja maka nafsu makan anda akan meningkat dalam waktu yang cepat.

7. Dapat mengobati sakit gigi

Cara penggunaannya adalah mengambil beberapa tetes getah daun pepaya kemudian teteskan pada kapas dan masukkan ke bagian gigi yang sakit. Biarka bekerja hingga seluruh bakteri penyebab sakit gigi hilang.

Manfaat buah pepaya untuk diet

Buah pepaya mengandung sekitar 11 % kandungan serat yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Dengan demikian bila kebutuhan serat teerpenuhi maka anda akan mendapatkan sistem pencernaan yang selalu lancar. Dengan demikian maka proses diet menjadi lebih cepat, anda tidak perlu lagi mencari – cari lagi buah atau makanan lain yang mengandung serat tinggi karena di dalam buah pepaya sudah cukup.

Selain itu serat yang terdapat pada pepaya ini dapat mencegah gula darah naik dimana ketika gula darah naik maka anda akan memiliki pola makan yang tinggi dan tidak terkendali lagi. oleh karena itu jangan lupakan mengonsumsi buah pepaya agar pola makan anda menjadi lebih teratur dan berkurang.

Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil

1. Membantu dalam mempercepat pencernaan protein

Salah satu masalah yang dihadapi ibu hamil adalah susahnya mencerna protein karena di dalam lambung kekurangan asam hidrokolat yang mencerna protein. Nah kandungan dari buah pepaya mampu mempercepat proses pencernaan protein yang masuk ke dalam lambung.

2. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Kandungan zat pappain di dalam buah pepaya efektif untuk mengeluarkan racun yang masuk ke dalam tubuh. dengan demikian maka saat kehamilan tubuh menjadi lebih sehat bersama dengan calon bayi anda.

Demikianlah beberapa manfaat buah pepaya untuk diet dan untuk ibu hamil. Selamat mencoba

Artikel Sebelumnya

Manfaat tomat

Manfaat kulit manggis

Manfaat pisang