Filum Chordata (lengkap)

Chordata – Chordata adalah kelompok hewan yang bertulang belakang sehingga memiliki ciri ciri yang berbeda dari invertebrata
Ciri-ciri chordata
1. Memiliki notokordata (korda dorsalis), yaitu sebuah tongkat gelatinosa terletak di dorsal yang nantinya akan menjadi kaku, namun ia hanya ada pada beberapa stadium pertumbuhannya.

2. Memiliki tabung korda saraf di bagian dorsal dari notokorda
3. Terdapat celah celah insang faringeal sehingga dipastikan filum ini memiliki sistem rongga tubuh yang sudah kompleks,dan segmentrasi tubuh yang jelas.

4. Tubuhnya simestris bilateral

Klasifikasi chordata
Terdapat 4 sub filum dari chordata yaitu : Hemichordata, Urochordata, Cephalochordata dan Vertebrata.
1) Hemichordata
Ciri ciri kelompok hemichordata adalah memiliki bentuk tubuh yang memanjang layaknya cacing, dimana tubuhnya terdiri dari proboscis, leher dan bagian badan. bagian notokordnya berongga, pendek dan merupakan lanjutan ke bagian depan dari saluran pencernaan dan masuk ke dalam proboscis.

Terdapat celah insang pada bagian sisi lateral yang cukup banyak. Memiliki sistem saraf yang terdiri dari saraf dorsal dan saraf ventral

Jantungnya terletak di bagian dorsal tepatnya di anterior,

Fertilisasi terjadi secara eksternal karena hewan ini hidup di air laut dalam maupun pada pinggir pantai.

Contoh: Dolichoglossus sp (Balanoglosus, cacing laut).

 

2) Urochordata
Ciri ciri urochordata adalah memiliki tubuh yang pendek dan tebal dan memiliki selubung layaknya kulit. Hewan ini hidup secara parasit dan bebas di laut. Memiliki keunikan karena bagian notokorda dan korda sarafnya tumbuh pada bagian ekor dan menghilang ketika dewasa.

Berkembangbiak dengan tunas dan ada juga yang bersifat hermafrodit,

Contoh: Molgula sp, Botryllus sp.

 

3) Cephalochordata
Ciri ciri hewan ini adalah tubuhnya yang kecil, dan pipih memanjang, bentuknya juga mirip ikan tetapi tidak memiliki saraf namun bentuk kepala sudah jelas.
Notokorda dan korda sarafnya tumbuh dengan baik dan selalu ada selama hidupnya. Terdapat faring dengan celah – celah insang yang banyak. Walaupun tidak memiliki jantung tetapi aliran darah tetap mengalir ke seluruh tubuhnya. Fertilisasi terjadi secara eksternal dan jenis kelaminnya terpisah baik jantan maupun  betina

Contoh Amphioxus sp, Branchiostoma sp.


4) Vertebrata
Ciri ciri vertebrata adalah memiliki ruas – ruas pada tulang belakangnya dimana ia merupakan perkembangan dari notokorda. Hewan ini biasanya hidup pada air tawar, laut maupun ada yang di darat. Bentuk kepalanya jelas dimana bagian otak di dalamnya di lindungi oleh tulang kepala, terdapat 2 pasang rahang, bernafas menggunakan insang, paru – paru ataupun kulit. menggunakan alat gerak seperti sirip, sayap, tangan dan kaki walaupun ada yang tidak memiliki anggota gerak. Melakukan reproduksi secara seksual dan proses fertilisasi secara eksternal ataupun internal. Jantungny sudah berkembang dengan sangat baik karena sudah ddibagi menjadi beberapa ruangan, darahnya terdapat hemoglobin untuk mengangkut oksigen, memiliki sepasang mata dan sepasang telinga.

 

Subfilum Vertebrata terdiri dari lima kelas, yaitu Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves, dan Mamalia. Kita akan bahas pada artikel selanjutnya

Semoga materi filum chordata ini dapat menambah wawasan kita.

Artikel Sebelumnya

Fungsi jaringan meristem

Fungsi akar dan bagian bagian akar

Hewan invertebrata