Pengertian Daur Air dan Gambar daur Air


Pengertian Daur air – Daur air adalah proses yang terjadi pada air dimana terjadi siklus yang tidak pernah berhenti mulai dari air yang ada di daratan berubah menjadi awan hingga menjadi hujan. Daur air akan selalu terjadi selama bumi ini masih ada, manusia sangat membutuhkan air yang bersih sehingga daur air dapat membuat air kotor dapat dikonsumsi kembali. Begitu pentingnya air di bumi sehingga apabila air berkurang atau habis maka segala kehidupan akan musnah. Di bumi air berperan dalam proses fotosintesisi, proses pertumbuhan tanaman dan transportasi zat. Sedangkan bagi hewan dan manusia daur air sangat dibutuhkan untuk transportasi zat.
Daur air disebut juga dengan daur hidrologi yang kemudian dibedakan lagi menjadi 3 macam yaitu daur hidrologi pendek, daur hidrologi sedang dan daur hidrologi panjang. Semua proses ini akan kita bahas satu persatu.
gambar daur air
a. Daur hidrologi pendek
Proses daur hidrologi pendek biasanya terjadi di laut sehingga air tidak jatuh di daratan. Adapun prosesnya yaitu air laut mengalami kondensasi akibat panas menjadi titik – titik air di awan, semakin lama proses ini maka awan terbentuk semakin banyak pula. ketika sudah mengalami jenuh maka titik – titik air akan jatuh sebagai hujan.
b. Daur hidrologi sedangProses daur hidrologi sedang terjadi di udara hanya saja prosesnya sama dengan daur hidrologi pendek yaitu dimulai dari air di daratan menguap kemudian naik ke udara dan dibawa oleh angin dalam bentuk awan sampai di atas daratan. Hujan turun dan ada yang meresap di tanah ataupun bergerak melewati sungai menuju laut.


c. Daur hidrologi panjang
Pada proses daur hidrologi panjang terjadi proses yang lebih luas yaitu semua sumber air yang ada di bumi seperti air laut, kolam, danau, sumur mengalami penguapan kemudian berkumpul menjadi awan. Awan ini kemudian di geser oleh angin ke arah daratan dan ada yang sampai terhalang oleh peggunungan sehingga awan mengalami kondensasi dan prespitasi menjadi titik air kemudian turun menjadi hujan di wilayah pegunungan. Air hujan tersebut sebagian diserap oleh tumbuhan dan tanah dan sebagian juga muncul sebagai mata air, ada juga air yang mengalir melalui sungai kembali ke laut.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian daur air dan Gambar daur air. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua

Artikel Sebelumnya