Berlangganan

Sistem Ekskresi Pada Manusia secara singkat

Sistem Ekskresi Pada Manusia – Mungkin masih banyak yang belum mengenal tentang bagaimana sistem Ekskresi yang ada pada manusia. Mengenai sistem ekskresi itu sendiri yakni merupakan bagian dari proses pembuangan zat-zat hasil dari sisa metabolisme yang mana bagian organ tubuh yang memiliki tugas untuk melakukan proses ekskresi ini yakni diantaranya ginjal, kulit, paru-paru dan juga hati.

- Ginjal

Merupakan salah satu organ tubuh manusia yang mana juga memproses sistem ekskresi itu sendiri. Seperti yang kta tahu  salah satu sistem ekskresi pada manusia yakni sistem urine yang mana ginjal menjadi organ penyusunnya. Ginjal itu sendiri tentunya terdapat dibagian sebelah kanan dan juga kiri tulang pinggang. Mengenai bentuk ginjal yang mana terlihat seperti buah kacang merah, yang berwarna coklat tentunya letak ginjal itu sendiri dilindungi oleh tulang rusuk. Manusia sendiri memiliki 2 buah ginjal, untuk ginjal yang sebelah kanan sedikt lebih kecil jika dibandingkan ukurannya dengan yang sebelah kiri, ini tentunya disebabkan karena ginjal yang sebelah kanan didesak dengan hati.

- Hati

Organ tubuh yang satu ini juga merupakan salah satu alat ekskresi yang mana tentunya menghasilkan empedu. Seperti yang tahu empedu itu sendiri memiliki warna yang kehijauna dengan rasa yang pahit. Empedu itu sendiri harus dikeluarkan dari tubuh karena tentunya mengandung zat darah merah yang rusak dan dihancurkan di limpa. Hati ini terdapat di dalam rongga perut bagian kanan tentunya berada dibawah diafragma. Warna hati itu sendiri yakni merah tua dan juga merupakan kelenjar terbesar yang ada didalam tubuh manusia yakni sebesar 2 kg. Hati itu sendiri dilindungi oleh selaput tipis yang mana sering juga dikenal dengan kapsula hepatitis. Didalam hati juga terdapat pembuluh darah dan juga empedu yang mana keduanya disatukan oleh selaput jaringan yakni capsula glison. Fungsi daripada hati itu sendiri yakni tentu untuk menghasilkan getah empedu dari hasil perombakan sel darah merah yang ada didalam tubuh.

- Kulit

Yang mana merupakan lapisan jaringan yang terletak dipermukaan tubuh kita yang juga merupakan organ yang paling luas. Kulit itu sendiri sangat tipis pada dasarnya tentu dilapisi dengan lapisan yang menyusunnya. Kulit ini juga merupakan salah satu organ ekskresi, hal ini dikarenakan adanya kelenjar keringat yang mengekskresikan zat-zat sisa. Selain sebagai organ ekskresi tentunya kulit juga termasuk sebagai indera perasa dan peraba dengan fungsi utamamnya yakni sebagai alat ekskresi untuk mengeluarkan keringat. Disamping itu juga kulit mampu menghasilkan minyak dengan kelenjar minyak. Adapun fungsi hati yang lainnya yakni sebagai berikut:

1. Sebagai alat indera perasa dan peraba

2. Sebagai organ untuk mengatur suhu tubuh kita

3. Tempat yang digunakan untuk membentuk vitamin D dari provitamin D

4. Menjadi pelindung untuk jaringan yang ada dibawah hati

5. Sebagai tempat untuk menyimpan lemak

- Paru-paru

Organ yang satu ini juga menjadi salah satu organ yang berfungsi untuk proses ekskresi yang mana kita kenal paru-paru ini memiliki fungs sebagai alat pernapasan. Paru-paru itu sendiri terdapat didalam rongga dada dan dibagian bawahnya ada diafragma yang menempel. Manusia itu sendiri memiliki 2 paru-paru yang mana dilindungi oleh tulang-tulang rusuk dan juga dilapisi dengan selaput tipis yang mana kita sebut dengan pleura. Paru-paru kanan atau dexter yang mana mempunyai 3 gelambir sedangkan untuk paru-paru kiri atau sinister ini memiliki 2 gelambir. Paru-paru sebagai organ ekskresi yang mana bisa mengeluarkan ekskret yang mana berupa gas karbondioksida dan juga uap air yang merupakan zat sisa dari proses pernapasan.

Itulah informasi mengenai sistem ekskresi pada manusia yang mana tentunya ada 4 organ yang menjadi organ ekskresi. Semoga apa yang sudah diberikan diatas bisa menjadi informasi yang berguna untuk Anda

Artikel Sebelumnya

Sistem pencernaan pada manusia

Sistem reproduksi pada manusia

Ciri ciri darah rendah