Berlangganan

Kenali proses terjadinya hujan asam

Proses terjadinya hujan asam – Hujan asam adalah salah satu dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global. Hujan asam bersifat asam bila dicicipi dan berdampak buruk pada rusaknya sarana dan prasarana yang dimiliki manusia di bumi. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami jelaskan mengenai hujan asam dan proses terjadinya hujan asam.

Pengertian Hujan Asam

Hujan asam adalah hujan yang memiliki kadar keasaman dibawah 5,6 atau pH dibawah 5,6. Hujan yang normal memiliki pH sekitar 6. Adapun hujan asam disebabkan oleh zat belerang (sulfur) yang terdapat di udara, belerang berasal dari proses pembakaran fosil di bumi.

Proses terjadinya hujan asam

Hujan asam diawali dari asap – asap pabrik karena pembakaran menghasilkan gas sulfur okdisa (So) dan gas nitrogen (N), selain dari asap pabrik hujan asam juga disebabkan karena assap kendaraan bermotor. Semua gas yang dihasilkan oleh pabrik dan kendaraan bermotor akan bereaksi dengan uap air yang terdapat di udara. Hasil reaksi tersebut akan menghasilkan asam sulfat, asam nitrit dan asam nitrat dan secara bersamaan akan berkondensasi untuk membentuk awan.

Akhirnya saat hujan turun maka air hujan akan terasa asam dan berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini.

Hujan asam dimulai saat terjadi revolusi industri di eropa, setelah revolusi industri tersebut maka dampaknya telah terasa sampai hari ini, hujan mengalami penurunan pH, bahkan di daerah kutub telah menjadi 4,5.

Hujan asam pertama kali ditemukan pada tahun 1853 oleh Robert Angus Smith di kota Manchester. Satu abad setelah penemuan itu baru banyak dilakukan penelitian oleh ilmuan mengenai hujan asam, akhirnya sejak tahun 1990 orang di bumi baru sadar dan peduli mengenai hujan asam yang berbahaya bagi lingkungan.

proses terjadinya hujan asam

Dampak Hujan asam

Hujan asam sangat berbahaya karena dapat menyebabkan hal – hal berikut ini :

1. Kerusakan sarana dan prasarana yang ada di bumi.

2. Hewan – hewan laut akan sulit berkembang biak.

3. Beberapa jenis ikan mati

4. bersifat racun bila dikonsumsi manusia

5. terjadi kerusakan lingkungan.

Demikianlah pembahasan mengenai proses terjadinya hujan asam. Dengan mengetahui dampak buruk dari hujan asam maka sebaiknya anda juga peduli terhadap kondisi lingkungan terutama yang dapat menyebabkan hujan asam.

Artikel sebelumnya

Struktur Sel bakteri

Fungsi Sel darah merah

Perbedaan Sel prokariotik dan sel eukariotik