Buah untuk penderita diabetes yang terbaik

Buah untuk penderita diabetes  - Selama ini beberapa orang penderita diabetes menghentikan mengonsumsi buah karena takut gula darahnya naik padalah banyak kandungan buah yang penting seperti vitamin, mineral fitokima dan serat. Buah – buahan juga memiliki gula sukrosa yang baik untuk tubuh. Yang mesti diperhatikan adalah indeks glikemik dari buah itu sendiri.Sebaiknya makanlah buah yang memiliki indeks glikemiks yang rendah yaitu dibawah 50. Indeks glikemiks adalah ukuran seberapa cepat makanan berkabohidrat diubah oleh tubuh menjadi glukosa darah. Semakin indeks glikemiks maka semakin baik pula bagi penderita diabetes.
Buah untuk diabetes

Buah untuk penderita diabetes. foto : diabetesandtheheart(dot)com
Berikut ini daftar buah untuk penderita diabetes yang baik mereka konsumsi :
1. Buah kiwi
Buah kiwi baik bagi penderita diabetes karena dapat membantu mengontrol gula darah kita. Selain itu banyak manfaat dari sebuah buah kiwi seperti mencegah asma, mencegah obesitas, mencegah sakit jantung dan melindungi DNA kita dari mutasi.Kandungan vitamin C di dalam buah kiwi diklaim lebih banyak daripada jeruk.
2. Buah pir
Jumlah indeks glikemik dair buah pir hanya 38 sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Ada beragam jenis buah pir seperti buah pir cina, namun pada umumnya semua buah pir baik untuk penderita diabetes dalam menurunkan kadar gula darahnya. Buah pir juga akan membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat bersifat andtioksidan.
3. Buah ceri
Ceri memiliki indeks glikemiks yang sangat rendah yaitu hanya 22saja. Di dalam buah cery terdapat Anthocyanin yang menyebabkan buah ini berwarna merah dan berperan dalam menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan produksi insulin dari pankreas sebesar 50%.
4.Jeruk
Kandungan indeks glikemiks dari buah jeruk hanya 48. Selain itu di dalamnya memiliki serat yang cukup tinggi serva vitamin C yang sama – sama berperan dlam menurunkan kadar gula darah.
5. Buah berry
Buah ini mungkin agak sulit kita temukan di Indonesia tetapi daiantara semua buah ternyata berry memiliki indeks glikemik yang sangat rendah dan kandungan serat di dalamnya membantu proses penyerapan sukrosa hingga gula darah dapat terkontrol.
6. Buah jeruk bali
Jeruk bali memiliki rasa yang tidak terlalu manis sehingga buah ini hanya memiliki indeks glikemik 25. Kandungan naringengin flavonoid di dalam buah jeruk bali dapat membantu menyeimbangkan kadar gula di dalam darah. Bagi anda yang belum terkena diabetes sebaiknya mengonsumsi buah ini 1 atau 2 buah setiap hari agar resiko terkena diabetes tipe 2 berkurang.
7. Buah apel
Begitu banyak kandungan buah apel yang bermanfaat bagi tubuh kita mulai dari vitamin C, serat, antioksidan dan pektin pada kulit apel. Pektin ini sendiri berfungsi untuk proses detoksifikasi racun di dalam tubuh. Kandungan asam galacturonic di dalam apel efektif dalam menurunkan kebutuhan insulin hingga 35 %. Adapun indeks glikemik dari buah apel adalah 38.
Demikianlah 7 buah untuk penderita diabetes, yang sebaiknya dikonsumsi. Semoga dengan buah – buah tersebut maka penderita diabetes dapat berkurang. Semoga bermanfaat dan baca juga artikel sebelumnya.