Berlangganan

Kenali Hormon Tiroid dan Waspadai Kekurangan dan Kelebihan Hormon Tiroid

Hormon tiroid hanyalah satu dari banyaknya hormon yang bisa tubuh kita produksi. Dalam tubuh kita tentu kita mengetahui ada banyak sekali hormon yang mempunyai fungsi sesuai dengan tempat diproduksinya hormon tersebut. Dari banyaknya jenis hormone, tiroid ini masuk dalam tipe hormon ynag mempunyai fungsi sangat penting karena mempunyai keterkaitan dengan metabolisme sel dalam tubuh kita. Kini banyak sekali orang yang ingin mengetahui apa tanda dan bahaya seseorang ketika kelebihan dan kekurangan tiroid. Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang hormon ini bisa megetahuinya di bawah ini.
hormon tiroid

Letak kelenjar tiroid penghasil hormon tiroid. Foto : sandurezu.wordpress(dot)com
Apa itu Tiroid?
Hormon tiroid ini seperti yang telah dikatakan di atas adalah hormon ynag menstimulasi atau merangsang metabolisme dari sel dalam tubuh kita. Tiroid sendiri merupakan salah satu kelenjar yang letaknya ada di bagian depan dan bentuknya menyerupai kupu-kupu. Kelenjar ini sangat mudah diraba atau dipegang sehingga anda biasanya akan segera tahu jika ada gangguan atau masalah pada daerah kelenjar ini. Jika produksi hormon pada daerah kelenjar tidak seimbang maka akan banyak masalah yang anda alami. Anda bisa mengalami hiper tiroid atau hipotiroid. Gangguan hormonal ini bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja sehingga anda diharapkan untuk selalu waspada. Gangguan tiroid ini biasanya banyak terjdi pada wanita dibandingkan dengan laki-laki. Anda yang mempunyai keluarga dengan masalah seripa biasanya juga bisa terkena masalah yang berhubungan dengan tiroid ini. Lalu apa saja gejala yang akan timbul ketika anda kekurangan atau bahkan keleibihan hormon?
Tanda Hipotiroid dan Hipertiroid
Ada beberapa tanda yang akan terlihat ketika anda kekurangan dan kelebihan hormone ini.
Tanda Hipotiroid:
- Mudah merasa lelah
- Tidak tahan dengan cuaca dinggin
- Kulit serta rambut kasar
- Kolesterol meningkat
- Merasakan rasa nyeri dan mengalami kenaikan berat badan yang tidak diketahui penyebab pastinya.
- Sembelit
- Otot kram
- Sering mengalami keguguran dan lain sebagainya..
Tanda kondisi Hipertiroid
Ada juga harus mewaspadai tanda-tanda hipertiroid. Berikut ini adalah beberapa tanda-tandanya:
- Mengeluarkan banyak keringat
- Mudah merasa lelah
- Sering merasakan gemetar dan mata melotot
- Menstruasi yang sedikit dan tidak teratur
- Detak jantung menjadi sangat cepat dan bahkan tidak beraturan
- Konsentrasi menjadi berkurang
- Gelisah, mudah marah dan juga mudah panik
- Mengalami penurunan berat badan yang anda tidak ketahui sebabnya karena pola makan anda tetap sama.
Jika anda mendapati beberapa tanda di atas, anda sebaiknya datang ke dokter. Anda harus memeriksakan diri dan melakukan beberapa tes untuk mengetahui apakah anda mengalami hipertiroid atau hipotiroid. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk terlepas dari masalah ini misalnya dengan obat-obatan atau bisa juga dengan terapi hormon. Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter untuk lebih banyak tahu tentang hormon tiroid.
Baca juga artikel sebelumnya :