Friday, 13 November 2015

Kenali Penyakit Diabetes Lebih Jauh Serta Cara Menanggulanginya Dengan Obat Herbal

Tags

Penyakit diabetes merupakan satu jenis penyakit yang sebenarnya bisa jadi berbahaya bagi siapa saja, karena memang ada dua tipe berbeda dari penyakit yang satu ini, yang juga dikenal dengan sebutan penyakit gula darah atau penyakit kencing manis. Tipe pertama adalah diabetes tipe 1 yang bisa diderita sejak anak-anak dan yang kedua adalah diabetes tipe 2 yang mungkin diderita mulai anak-anak maupun saat sudah dewasa. Sebenarnya ada satu lagi tipe diabetes yang hanya diderita oleh wanita yang sedang hamil, yaitu diabetes gestational, namun kita tidak hanya akan lebih banyak membicarakan diabetes tipe satu dan dua saja di sini.
Diabetes

ilustrasi diabetes. sumber gambar sinshejerryi.blogspot(dot)com

Apa itu Penyakit Diabetes Tipe 1(Diabetes Melitus), Tipe 2, dan Tipe Gestational

Sama seperti yang sudah disebutkan tadi, ada 3 jenis penyakit diabetes yang berbeda. Bagi Anda yang masih cukup awam dengan penyakit gula darah ini, mungkin Anda mengalami kesulitan dalam mengetahui setiap jenis penyakit ini. Karena itulah, berikut penjelasan singkat mengenai setiap tipe penyakit tersebut:
- Diabetes tipe 1(Diabetes Mellitus): Penyakit diabetes tingkat 1 yang juga dikenal dengan sebutan penyakit diabetes mellitus memang bisa diderita sejak masih anak-anak. Penyebabnya adalah karena kelainan yang terjadi pada sistem imun yang menyebabkan sistem imun tersebut malah menyerang hormon insulin yang dibutuhkan tubuh untuk memproses dan mengubah zat gula dalam darah yang dikenal dengan nama glukosa menjadi energi. Akibat dari penyerangan hormon insulin tersebut adalah sangat rendahnya atau bahkan tidak adanya kadarhormon insulin dalam tubuh. Pada akhirnya, darah mempunyai kandungan gula arah yang cukup tinggi dan kondisi ini dikenal dengan nama penyakit diabetes.
- Diabetes tipe 2: Berbeda dengan penyakit diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dikenal dengan diabetes tingkat lanjut dan bisa diderita mulai dari anak-anak atau dewasa. Hal yang menjadi penyebab dari munculnya penyakit diabetes yang satu ini adalah sifat dari beberapa sel tubuh yang resisten terhadap insulin. Akibatnya, pankreas yang menjadi tempat diproduksinya insulin tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang cukup dengan jumlah yang normalnya dibutuhkan tubuh. Ini juga menyebabkan tingginya kadar gula di dalam darah atau penyakit diabetes. Penyakit ini bisa tiba-tiba muncul dalam tubuh kita, padahal sebelumnya kita tidak pernah didiagnosa mempunyai penyakit tersebut, karena beberapa faktor. Beberapa diantaranya adalah terlalu banyak konsumsi makanan berlemak dan juga kebiasaan hidup pasif dan kurang berolah raga.
- Diabetes Gestational: Tipe diabetes yang ketiga adalah diabetes gestational yang diderita oleh wanita secara umum dan juga ibu hamil. Sebenarnya penyakit diabetes tipe ini tidak melulu diderita oleh ibu hamil. Hanya ibu hamil dengan keadaan tertentu lah yang biasanya menderita diabetes tipe ini. Saat hamil, ada tipe hormon tertentu yang dibentuk oleh plasenta dengan tujuan untuk menopang kehamilan itu sendiri. Adanya hormon tersebut membuat sel tubuh menjadi lebih resisten terhada insulin. Bagi ibu hamil yang keadaannya normal dan sehat, hal ini tidak akan menjadi masalah karena biasanya organ pankreas dalam tubuh akan memberikan respon alami dengan cara lebih banyak memproduksi insulin. Akan tetapi, bagi ibu hamil dengan kondisi tertentu, organ pankreas tidak memberikan respon yang sama sehingga tubuh pada akhirnya kekurangan hormon insulin.

Ciri-Ciri Diabetes Yang Patut Untuk Anda Ketahui

Setelah Anda mengetahui lebih juh mengenai ketiga tipe penyakit diabetes, ini saatnya Anda mengenali lebih lanjut mengenai ciri-ciri yang bisa dilihat dari penderita diabetes. Sama seperti tipenya yang berbeda-beda, cri-ciri dari penyakit kencing manis ini juga cukup berbeda-beda sesuai dengan tipenya. Semua ciri-ciri tersebut akan dirangkum secara singkat di bawah ini:
- Ciri-ciri penyakit diabetes tipe 1: sering lelah karena kurangnya energi dalam tubuh, sering buang air kecil karena tingginya kadar glukosa dalam dara, sering merasa haus karena banyaknya cairan yang dikeluarkan oleh tubuh, berat badan yang terus menurun walaupun nafsu makan normal.
Jika penderita dari penyakit ini adalah anak-anak, biasanya ciri-ciri tersebut cukup sulit dilihat karena sering disalah-artikan sebagai ciri dari penyakit yang lain, terutama penyakit flu. Karena hal inilah orang tua sebaiknya lebih jeli dalam mengartikan munculnya ciri-ciri yang disebutkan tadi.
- Ciri-ciri penyakit diabetes tipe 2: sering kesemutan, luka yang sangat sulit sembuh bahkan hingga membusuk dan berakhir pada pengamputasian bagian tubuh yang terkena luka, berat badan yang terus menurun dengan sangat drastis.
Walaupun ciri-ciri dari tipe diabetes yang satu ini terdengar lebih menyeramkan dari ciri-ciri yang ditemukan pada diabetes tipe 1, sebenarnya penyakit ini justru sangat mungkin untuk dicegah bahkan memounyai kemungkinan yang lebih besar untuk bisa disembuhkan.
- Ciri-ciri penyakit diabetes gestational: Infeksi pada bagian vagina yang juga bisa berupa infeksi jamur, gangguan fungsi hormon yang sebenarnya lebih disebabkan kurang lancarnya aliran darah ke tubuh, berbagai macam gangguan reproduksi karena ketidak-seimbangan hormon, kadar kolesterol yang cukup tinggi.
ciri ciri diabetes
Ciriciri diabetes. Sumber gambar dietcepatdansehat(dot)com

Obat Herbal Diabetes dan Tanaman Obat Diabetes Yang Bisa Anda Temukan Disekitar Anda

Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, baik itu tipe 1, tipe 2, mauoun gestational, tentu saja pengobatan sangat dibutuhkan, terutama untuk membuat keadaan Anda terasa baik di setiap harinya. Sebenarnya, memang sangat jarang bagi penderita penyakit kencing manis ini untuk bisa sembuh dari penyakit tersebut, terutama saat tipenya adalah 1 dan 2. Walaupun begitu, ini tidak berarti pengobatan tak perlu dilakukan. Bahkan, jika pengobatan tersebut Anda lakukan dengan baik dan teratur, bisa saja nantinya Andaakan sembuh dari penyakit ini.
Walaupun saat ini ada cukup banyak pilihan pengobatan medis yang ditawarkan, sebenarnya pilihan pengobatan secara herbal sangatlah perlu untuk Anda pertimbangkan mengingat rendahnya efek samping berbahaya yang mungkin terjadi pada Anda bahkan bisa menyebabkan timbulnya penyakit baru di dalam tubuh Anda. Untungnya, ada cukup banyak pilihan obat herbal yang bisa AndaAndalkan dalam menanggulangi penyakit diabetes. Hal ini lebih bagus lagi karena sebenarnya obat-obatan herbal tersebut sangat mungkin untuk ditemukan ditemukan di sekitar Anda baik itu di pekarangan rumah, di pasar, maupun juga pasar swalayan yang menjual rempah-rempah secara komplit. Obat-obatan herbail ini juga tetap bisa digunakan secara berdampingan dengan suntikan insulin, jika memang Anda terbiasa menggunakan suntikan tersebut, karena sfifatnya yang alami.
Berikut beberapa contoh obat herbal yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi diabetes dan juga gejala-gejala yang ditimbulkannya:
- Buah Noni: Buah yang satu ini memang sejak lama dikenal sebagai buah super yang bisa diAndalkan untuk mengobati berbagai macam penyakit di dalam tubuh manusia, salah satunya adalah diabetes. Buah ini sudah terbukti cukup ampuh dalam menurunkan kadar gula dalam darah si penderita diabetes serta mempunyai kemampuan untuk memperbaiki reseptor insulin di tubuh dan juga sel beta pada pancreas yang biasanya tidak berfungsi sempurna. Satu hal lainnya yang perlu Anda ketahui adalah bahwa buah noni sekarang juga sudah tersedia dalam bentuk jus herbal siap konsumsi. Walaupun mungkin jus ini bisa dikatakan memunyai harga yang cukup mahal, banyak orang sudah terbukti sembuh dari diabetes dengan meminum jus ini secara rutin sesuai dengan dosis yang dianjurkan.
- Buah Mengkudu: Jika kebetulan Anda tidak mampu membeli jus buah noni, sebenarnya ada alternative yang jauh lebih terjangkau harganya, yaitu buah mengkudu. Buah yang sebenarnya masih merupakan saudara dari buah noni ini juga mempunyai kemampuan alami untuk memperbaiki sel penghasil insulin dalam tubuh yang rusak. Cara mengkonsumsi buah ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil dua buah mengkudu segar lalu memarutnya dan memeras airnya. Air perasan mengkudu inilah yang harus Anda minum sebagai cara menanggulangi penyakit diabetes. Karena pohon mengkudu juga sebenarnya tidak sulit untuk didapatkan dan juga ditanam, ada baiknya jika Anda menanam pohon mengkudu di pekarangan Anda sehingga Anda bisa mengambil buahnya kapan saja Anda butuhkan.
- Buah Mahkota Dewa: Selain diketahui sebagai bahan herbal yang bisa digunakan sebagai upaya untuk menurunkan kadar gula dalam darah, buah mahkota dewa sebenarnya juga diketahui mempunyai manfaat kesehatan yang lain seperti obat anti peradangan, obat diare, dan juga obat penyakit kulit. Untuk menanggulangi tingginy kadar gula darah, buah ini bisa diiris lalu diseduh di dalam segelas air panas lalu diminum saat kandungan dalam buah menyatu dengan air. Untuk hasil yang maksimal, ramuan herbal ini cukup disarankan untuk diminum sebanyak dua atau tiga kali setiap harinya. Karena hal inilah ada baiknya jika Anda menanam tanaman buah ini di pekarangan Anda.
- Brotowali: Sejak lama, tanaman herbal yang satu ini sering kali digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes. Selain itu, obat herbal ini juga cukup ampuh dalam menurunkan panas serta untuk menghilangkan rasa sakit. Cara mengkonsumsi tanaman herbah ini untuk mengatasi diabetes adalah dengan merebus batang brotowali sepanjang 6 cm yang diiris cukup halus ke dalam tiga gelas air putih. Biasanya, ramuan herbal ini bisa menurunkan kadar gula dalam darah lebih baik jika daun kumis kucing dan daun sambiloto juga ditambahkan ke dalam rebusan. Obat herbal ini sebaiknya diminum setelah makan.
- Daun Lidah Buaya: Mungkin obat herbal yang satu ini tidak cukup banyak diketahui mampu dalam mengatasi penyakit diabetes. Walaupun begitu, sebenarnya daun lidah buaya memang bisa digunakan untuk hal tersebut. Caranya adalah dengan merebus potongan selembar daun lidah buaya ke dalam tiga gelas air putih hingga air tersebut menjadi sekitar 1½ gelas saja. Sama seperti rebusan brotowali, rebusan lidah buaya ini juga sebaiknya diminum setelah makan.
- Buah Pare: Buah ini memang terasa sangat pahit namun mempunyai kemampuan unik untuk merangsang sel beta yang terdapat di dalam pankreas untuk bisa memproduksi insulin secara alami. Untuk hasil yang terbaik, sebaiknya daging buah pare dijus lalu diminum secara langsung. Akan tetapi, Anda juga bisa merebus daging buah tersebut ke dalam air lalu meminum air rebusan itu.
- Teh Hijau: Jika dibandingkan dengan jenis teh yang lain, terutama teh hitam yang lebih sering diminum oleh orang Indonesia, teh hijau mempunyai manfaat kesehatan yang jauh lebih banyak. Selain kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan bisa digunakan untuk memerangi berbagai macam penyakit, teh ini juga diketahui mempunyai manfaat besar bagi kecantikan. Selain itu, tentu saja manfaat utama teh hijau yang akan dibahas dalam artikel ini adalah manfaat yang berhubungan dengan cara untuk mengatasi penyakit diabetes apapun tipenya.
Teh hijau bisa digunakan untuk mengatasi diabetes karena dapat merangsang pembentukan hormon insulin dalam tubuh manusia. Saat ini teh hijau cukup mudah ditemui dan harganya juga cukup terjangkau. Karena itulah, ada baiknya jika Anda membangun kebiasaan meminum teh hijau dalam hidup sehari-hari daripada hanya mengkonsumsinya untuk mengatasi diabetes saja. Bahkan, jika Anda sebenarnya belum terjangkit penyakir berbahaya ini, Anda juga bisa menjadikan kebiasaan minum teh hijau sebagai upaya pencegahan sehingga nantinya Anda tidak akan terjangkit penyakit gula darah ini.
- Kayu Manis: bahan herbal yang satu ini tidak hanya mempunyai aroma khas yang cukup enak tetapi juga cukup efektif dalam menangkal radikal bebsa sehingga juga bisa digunakan untuk mengatasi satu jenis penyakit yang kita bahas di dalam artikel ini. Cara menggunakan rempah yang bisa ditemukan dengan mudahnya di bumi pertiwi kita ini juga cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan bubuk kayu manis ke dalam makanan dan minuman Anda sehari-hari. Walaupun begitu, perlu Anda ingat bahwa jumalh bubuk yang ditambahkan juga sebaiknya tidak terlalu banyak karena mungkin menimbulkan efek samping atau membuat rasa makanan dan minuman Anda menjadi tidak enak.
- Daun Sirsak: Satu lagi contoh bahan herbal alami yang bisa AndaAndalkan dalam mengatasi penyakit kencing manis adalah daun sirsak. Sebenarnya, daun herbal ini juga bisa digunakan untuk mengatasi banyak sekali jenis penyakit lainnya, termasuk juga salah satu penyakit yang cukup mematikan, yaitu penyakit kanker. Dalam upaya mengatasi penyakit diabetes, cara mengolah daunsirsak adalah dengan menjadikannya ramuan herbal yang bisa Anda minum setiap hari. Caranya adalah dengan merebus 15 lembar daun sirsak yang dicampur dengan 7 lmbar daun sirih merah ke dalam air yang banyaknya kurang lebih dua gelas. Perebusan harus dilakukan hingga jumah air yang tersisa kira-kira hanya secangkir saja.
ciri ciri diabetes
Obat diabetes. Sumber gambar : penyakitdiabetesmelitus(dot)com

Hal-Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Timbulnya Penyakit Diabetes

Bagi Anda yang saat ini masih sehat dan tidak mengidap penyakit diabetes, selain bersyukur atas kesehatan tersebut Anda juga sebaiknya mengetahui lebih lanjut mengenai beberapa hal yang bisa Anda lakukan guna mencegah timbulnya penyakit diabetes. Sebenarnya, pencegahan terhadap penyakit ini cukup mudah untuk dilakukan karena yang paling utama adalah menjunjung tinggi pola hidup yang sehat. Untuk bentuk pencegahan yang lebih spesifik, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membiasakan diri untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat yang tidak hanya rendah kalori namun juga rendah lemak. Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk melakukan aktifitas fisik dalam bentuk olah raga yang paling sesuai untuk ana lakukan secara rutin. Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit ini adalah dengan selalu berusaha untuk menjaga berat badan Anda pada tingkat ideal. Semua cara pencegahan tersebut mudah untuk Anda lakukan asalkan Anda mempunyai niat yang kuat untuk hidup sehat dan jauh dari penyakit diabetes. Selamat mencoba!
Artikel sebelumnya :