Berlangganan

Mengenal Lebih Jauh Metabolisme Karbohidrat Yang Terjadi Dalam Makhluk Hidup

Metabolisme karbohidrat dapat dikatakan sebagai proses alami yang tidak hanya terjadi di dalam tubuh manusia melainkan juga makhluk lain seperti hewan dan bahkan juga tumbuhan. Yang menjadi pertanyaan adalah, walaupun proses tersebut juga terjadi di dalam tubuh manusia, tahukah Anda mengenai apa sebenarnya proses metabolisme yang satu ini? Jika Anda belum mengetahui tentang hal tersebut, berikut sedikit informasi yang akan memperkenalkan Anda lebih jauh tentang sebuah proses metabolisnya yang terjadi di hamper semua makhluk hidup yang ada di bumi ini.

metabolisme karbohidrat

skema  metabolisme karbohidrat. Foto : slideshare(dot)net

Apa Itu Metabolisme Zat Karbohidrat?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai hal lain yang berkaitan dengan proses metabolisme karbohidrat, ada baiknya jika Anda juga mengetahui terlebih dahulu tentang apkah sebenarnya proses metabolisme yang satu ini. Secara umum, proses ini bisa dijelaskan sebagai proses metabolisme yang mengikutsertakan zat karbohidrat dan terdiri dari beberapa jenis proses yang berbeda, termasuk proses sintesis atau anabolisme, perubahan bentuk zat karbohidrat, dan juga proses penguraian atau katabolisme. Untuk proses perubahan bentuk karbohidrat ke wujud lain, sebenarnya hal ini terjadi dengan cukup berbeda-beda antara spesies satu dengan lainnya.

Produk Terpenting Dari Proses Metabolisme Ini

Bicara tentang perubahan bentuk dari zat karbohidrat menjadi zat lainnya melalui proses metabolisme, sebenarnya ada beberapa produk berbeda yang dihasilkan. Walaupun begitu, ada satu jenis produk terpenting yang memang sudah terbukti terdapat di hampir semua makhluk hidup. Produk yang dimaksud di sini adalah glukosa yang tak lain dan tak bukan adalah salah satu jenis senyawa gula monosakarida. Pada tubuh manusia, glukosa ini mempunyai berbagai fungsi penting dalam pembentukan energi.

Selain glukosa, ada juga berbagai macam jenis produk lain yang dihasilkan melalui proses metabolisme yang satu ini. Contohnya adalah pati atau umbi yang sebenarnya merupakan simpanan energi tanaman yang terbentuk dari proses metabolisme fotosintesis yang terjadi antara beberapa zat yang berbeda, termasuk karbohidrat, air, dan juga karbondioksida.

Dua Jenis Penyakit Manusia Yang Berhubungan Dengan Proses Metabolisme Ini

Di dalam tubuh manusia, proses metabolisme zat karbohidrat tidak hanya berkaitan dengan pembentukan glukosa untuk energi. Proses tersebut juga erat kaitannya dengan beberapa jenis masalah kesehatan yang diderita leh cukup banyak orang di berbagai belahan dunia. Contoh penyakit yang pertama adalah diabetes mellitus ataau yang dikenal dengan sebutan penyakit gula darah. Dalam penyakit ini glukosa tidak bisa diubah menjadi energi sehingga kandungan gula dalam darah menjadi berlebih.

Satu lagi jenis penyakit yang erat kaitannya dengan proses metabolisme zat karbohidrat di dalam tubuh manusia dikenal dengan sebutan intoleransi laktosa. Ini adalaah kelainan di mana tubuh mempunyai level intoleransi yang cukup tinggi terhadap berbagai macam produk dan bahan makanan yang mengandung laktosa. Contoh yang paling banyak ditemui adalah susu dan juga berbagai macam produk olahannya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai metabolisme karbohidrat. baca juga artikel sebelumnya :

Hormon Kortisol

Hormon Insulin dan Fungsinya

Hormon Progesteron dan Fungsinya