Berlangganan

Penjelasan Singkat Mengenai Proses Metabolisme Protein Dalam Tubuh Kita

Di dalam tubuh manusia, ada berbagai macam proses metabolisme yang terjadi. Walaupun kita sendiri tidak bisa secara langsung melihat terjadinya setiap proses tersebut, hal itu memang benar-benar terjadi. Salah satu contoh yang akan kita bahas secara singkat di dalam artikel ini adalah proses metabolisme protein.

skema metabolisme protein

skema metabolisme protein . Foto : slideshare(dot)net

Yang Dimaksud Dengan Proses Metabolisme Zat Protein Dalam Tubuh

Sebenarnya, penjelasan mengenai proses metabolisme protein cukup sama dengan proses metabolisme lain yang juga terjadi di dalam tubuh kita. Hanya saja, protein dan berbagai macam hasil dari proses tersebut adalah hal-hal yang bisa dikatakan sebagai kata kunci utama yang harus kita perhatikan. Secara umum, bisa dikatakan bahwa proses yang satu ini adalah proses yang meliputi pembentukan dan juga pemecahan protein yang secara alami terjadi di dalam tubuh kita, jika memang tidak ada masalah kesehatan yang mempengaruhi proses tersebut secara signifikan.

Di dalam proses ini ada dua peristiwa yang terjadi. Yang pertama adalah peristiwa pembentukan atau yang dikenal dengan proses sistesis. Proses ini adalah proses pembentukan asam amino yang pada akhirnya akan menghasilkan produk berupa protein. Proses yang selanjutnya adalah proses pemecahan atau yang dikenal dengan nama proses katabolisme, yaitu proses pemecahan protein yang akhirnya menghasilkan produk berupa asam amino. Di dalam tubuh yang sehat, kedua proses tersebut selalu terjadi secara seimbang. Pada akhirnya, ini akan memberikan pengaruh positif kepada sel tubuh sehingga semua sel tersebut selalu bisa berfungsi secara normal.

Pentingnya Asam Amino Dalam Proses Metabolisme Ini

Sesuai dengan penjelasan singkat mengenai proses metabolisme zat protein dalam tubuh manusia yang sudah disampaikan tadi, sangat jelas bahwa sebenarnya zat asam amino mempunyai peranan yang cukup penting di dalam proses ini. Asam amino ini sendiri sebenarnya bisa dikatakan mempunyai dua jenis yang berbeda. Jenis yang pertama adalah asam amino esensial. Jenis yang satu ini sebenarnya tidak diproduksi sendiri oleh tubuh namun mempunyai peran yang sangat penting di dalam proses metabolisme yang kita bahas di sini. Karena itulah, biasanya jenis asam amino ini bisa diperoleh dari luar tubuh dalam bentuk makanan-makanan yang mengandung asam amino esensial tinggi

Jenis yang kedua dikelan dengan nama asam amino non-esensial yang fungsi utamanya tidak bisa dipisahkan dari pemeliharaan fungsi sel-sel sehingga semua sel tersebut selalu bisa berfungsi dengan normal.

Pentingnya Konsumsi Jumlah Protein Yang Tepat

Sehubungan dengan proses metabolisme zat protein yang selalu terjadi di dalam tubuh manusia banyak orang bernaggapan bahwa mereka harus mengkonsumsi banyak protein setiap hari dan sebagian orang lain mempunyai anggapan yang sebaliknya. Yang benar adalah, protein tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan namun juga jangan sampai kita kekurangan protein karena kedua hal tersebut malah justru akan memberikan efek buruk pada kesehatan tubuh kita.

Demikianlah pembahasan mengenai Metabolisme karbohidrat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Siklus menstruasi

Sistem pencernaan pada manusia

Sistem reproduksi pada manusia