Tuesday, 20 October 2015

Tentang Hormon Insulin dan Fungsinya

Tags

Hormon insulin ini adalah hormon yang diproduksi di organ tubuh pankreas. Hormon ini sendiri biasanya dikaitkan dengan penyakit diabetes. Penyakit diabetes ini adalah penyakit yang disebabkan karena insulin tidak bekerja semestinya. Penyakit diabetes kini menjadi salah satu penyakit yang paling dihindari. Penyakit ini sendiri juga biasanya dikaitkan dengan masalah gaya hidup dan hal lainnya. Untuk bisa mengetahui tentang penyakit ini lebih jauh, anda sebaiknya mengetahui apa itu insulin ini sendiri. Anda bisa mendapatkan informasinya di bawah ini.

hormon progesteron

Skema sintesis insulin. foto : jevuska(dot)com

Apa itu Hormon Insulin?

Hormon insulin ini adalah hormon yang digunakan untuk menjaga kadar gula dalam darah anda. Dengan adanya hormon ini, tubuh anda akan memungkinkan untuk memproduksi gula dari berbagai karbohidrat yang ada dalam makanan yang anda konsumsi kemudian mengubahnya menjadi energi atau cadangan energi dalam tubuh anda. Insulin inilah yang mempunyai tugas menjaga kadar gula dalam darah anda sehingga kadar gula dalam darah anda tidak menjadi terlalu tinggi dan juga tidak menjadi terlalu rendah. Semua sel dalam tubuh kita membutuhkan gula yang digunakan sebagai sumber energi. Gula ini sendiri tidak bisa langsung masuk pada sel tubuh karena gula akan diserap dalam darah terlebih dahulu.Dalam definisi yang lebih sederhana, insulin ini sering dianggap sebagai sebuah kunci yang digunakan untuk membuka sel dan memungkinkan gula untuk bisa masuk dalam sel dan kemudian digunakan sebagai energi dalam tubuh anda. Lalu bagaimana jika kadar gula dalam tubuh anda sangat tinggi? Kadar gula dalam darah akan tersimpan di bagian liver dan akan dilepaskan ketika tubuh kita kekurangan kadar gula misalnya disaat kita merasa lapar dan juga melakukan berbagai kegiatan fisik.

Kondisi Hiperglikemia Karena Produksi Insulin Kurang

Ada banyak fungsi lain dari insulin. Insulin ini juga bisa digunkan untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah anda sehingga kadar gula di dalam darah anda akan berada di kisaran yang normal. Tubuh yang tidak bisa memproduksi insulin yang dibutuhkan oleh tubuh nantinya akan membuat sel menjadi kebal karena efek insulin ini. Tubuh anda akan mengalami yang namanya hiperglikemia. Ini yang akan menyebabkan komplikasi dalam waktu yang panjang jika gula darah terus ada di tingkatan atau kadar yang tinggi. Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan ketika anda menderita diabetes karena kadar gula tinggi. Diabetes sendiri dibedakan menjadi dua tipe. Tipe kedua bisa diobati dengan beberapa obat dan pengobatan medis, melakukan diet yang sehat serta melakukan olahraga. Ada banyak hal yang perlu dilakukan agar produksi insulin anda tetap seimbang. Anda bisa melakukan gaya hidup yang sehat mulai dari sekarang agar tidak hanya insulin namun hormon lainnya juga tetap seimbang. Kini anda telah mengetahui tentang hormon insulin.

Baca juga artikel sebelumnya :

Ciri ciri darah rendah

Pemanasan Global, Penyebab Pemanasan Global

Proses pembuahan pada manusia