Berlangganan

Tentang Hormon Progesteron dan Fungsinya

Hormon progesteron adalah suatu hormon yang digunakan untuk merangsang dan juga mengatur beberapa fungsi yang sangat penting. Hormon ini mempunyai tugas menjaga kehamilan, mempersiapkan tubuh wanita untuk proses pembuahan serta mengatur terjadinya siklus menstruasi bulanan yang terjadi pada wanita. Hormone ini diproduksi di bagian ovarium dan bagian plasenta ketika wanita sedang hamil dan juga di kelenjar adrenal. Seperti yang kita ketahui progesteron mempunyai fungsi yang sangat penting pada wanita dan berikut ini adalah beberapa peran progesteron yang sangat penting pada wanita.

hormon progesteron

ilustrasi hormon progesteron. Foto : biologiol.blogspot(dot)com

Proses Sekresi Protein Khusus oleh Endometrium

Salah satu peran yang sangat penting dari hormon progesteron adalah membuat endometrium mensekresikan protein khusus ketika masa atau siklus menstruasi. Selain itu hormon ini mempunyai peran khusus dalam menerima dan juga memelihara sel telur yang dibuahi. Ketika implantasi tidak terjadi maka kadar dari progesterone ini akan menurun dan akhirnya enodmetrium pecah dan terjadilah menstruasi pada wanita setiap bulannya. Lalu bagaimana ketika kehamilan terjadi? Ketika kehamilan terjadi progesterone akan berpindah karena akan diproduksi dibagian plasenta. Hormon ini akan menekan proses ovulasi lebih lanjut. Bagi ibu hamil, hormon ini akan membantu kelenjar penghasil air susu ibu ketika masa kehamilan. Adanya progesteron dalam tingkat yang tinggi akan menyebabkan beberapa gejala. Gejala tersebut meliputi nyeri pada payudara, perubahan suasana hati, merasakan perut kembung, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu wanita menjelang masa menstruasi biasanya akan lebih mudah merasa marah atau kesal.

Menurunkan Gairah Seksual

Salah satu fungsi dari hormone progesteron adalah untuk menurunkan gairah seksual ketika wanita hamil pada trimester pertama. Ini sangat penting karena kondisi janin akan lebih aman ketika gairah seksual wanita berkurang. Janin di trimester pertama sangat rentan terhadap benturan sehingga sebaiknya wanita yang sedang hamil memang menjaga kondisi janin dengan baik. Selain itu, fungsi lainnya adalah meningkatkan suhu tubuh, mengentalkan cairan vagina dan lain sebagainya. Cairan vagina yang kental ini sangat penting karena akan bisa digunakan sebagai proteksi tambahan ketika terjadi masalah infeksi pada tubuh anda. Progesteron juga sangat penting untuk beberapa terapi terhadap penyakit dan masalah lainnya misalnya masalah trauma pada kepala dan lain sebagainya. Ada banyak gangguan yang terjadi jika produksi hormon in terganggu. Progesterone ini juga sangat penting untuk menurunkan angka terjadinya kanker payudara dan kanker rahim. Oleh sebab itu menjaga kadar progesterone dalam tubuh sangatlah penting. Ada banyak cara untuk tetap menjaga kadar progesteron dalam tubuh anda. Progesteron bisa ditemukan dalam obat-obatan dan juga bisa didapatkan dari berbagai cara alami misalnya dengan makan makanan yang mengandung vitamin E yang tinggi, umbi-umbian, susu sapi, daging ayam, kuning telur dan lain sebagainya. Anda juga memperiksakan diri untuk selalu memantau kadar hormon progesteron.

Baca juga artikel sebelumnya :

Tumbuhan berbiji (Spermatophyta)

Sistem pencernaan pada manusia

Sistem reproduksi pada manusia