Berlangganan

Bioteknologi modern, contoh, dan manfaatnya

Bioteknologi Modern – Bioteknologi modern adalah bagian dari penerapan ilmu bioteknologi yang telah menggunakan alat – alat canggih dan modern, alat ini digunakan karena sudah tidak memungkinkan menggunakan teknologi sederhana (konvensional) sebab yang akan di manipulasi merupakan bagian terkecil dari makhluk hidup, pengaplikasian bioteknologi modern harus dengan keterampilan khusus dan pengetahuan yang mendalam terhadap makhluk hidup yang akan di uji coba. banyak sekali makhluk hidup yang sudah menjadi percobaan bioteknologi modern seperti bakteri e,coli, bayi tabung, hormon tumbuhan dan manusia.

Bioteknologi modern

Ciri – ciri bioteknologi modern

Ciri – ciri bioteknologi modern dapat membantu kita membedakan dengan bioteknologi konvensional. Berikut ini ciri – cirinya

1. Dilandaskan pada prinsip – prinsip ilmiah yang sesuai dan terstruktur.

2. Teknik pengaplikasiannya menggunakan pengkajian mendalam dengan prinsip ilmu yang beragam.

3. Produknya dapat diproduksi massal dengan cepat serta seragam, produksi seperti roti, bir, kecap, vaksin dan sebagainya dapat dibuat dalam waktu singkat saja.

Contoh bioteknologi modern

Contoh bioteknologi modern yang telah banyak digunakan saat cuku membantu manusia, salah satu contoh bioteknologi modern bisa diaplikasikan dalam bidang kedokteran. Berikut ini adalah contoh bioteknologi modern

1. Membuat antibodi monoklonal

Antibodi monoklonal diperoleh dari 1 sumber tunggal untuk berbagai macam kegunaan. antibodi monoklonal ini bisa digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya hormon koronik di dalam hormon seorang wanita yang hamil, berfungsi juga untuk mengikat racun dan membuatnya tidak aktif lagi, membuat tubuh tidak melakukan reaksi penolakan pada saat transplantasi organ.

2. Membuat vaksin

Vaksin sangat penting untuk mencegah seseorang terkena penyakit berbahaya. Vaksin berasal dari sebuah mikroorganisme dan kemudian dilemahkan kemudian dimasukkan pada tubuh manusia agar bisa kebal dari penyakit tertentu yang di inginkan.

3. Membuat antibiotik

Antibiotik berperan dalam menghambat pertumbuhan dan perkembangan virus maupun organisme berbahaya yang menginfeksi manusia. Antibiotik dapat diperoleh dari bagian tubuh jamur maupun bakteri. Sudah banyak sekali jenis antibiotik dengan manfaat yang spesifik.

4. Memproduksi hormon

Hormon berperan dalam mempercepat sebuah reaksi tertentu, hormon sangat diperlukan dalam berbagai bidang industri dan kesehatan. Cukup banyak hormon yang telah diproduksi menggunakan bioteknologi modern seperti hormon pertumbuhan, hormon kortison, hormon insulin dan hormon testosteron.

Manfaat bioteknologi modern

Manfaat bioteknologi modern dapat dirasakan di setiap bidang ilmu mulai dari pertanian, kedokteran, industri. Berikut ini manfaat bioteknologi modern

1. Dapat mengembangbiakkan tanaman yang sudah hampir punah agar jumlahnya dapat kembali bertambah, regenerasi tanaman dapat dipercepat menggunakan teknik transplantasi nukleus.

2.Dapat menghasilkan bakteri atau makhluk hidup tertentu yang dapat mengurangi pencemaran di air,

3. Berperan dalam meningkatkan hasil produksi makanan dan minuman serta memiliki rasa dan kandungan yang lebih baik.

4. Dapat menghasilkan obat – obatan yang mempercepat penyembuhan pasien sekaligus mencegah seseorang terkena penyakit yang sedang mewabah.

Demikianlah ulasan kita mengenai bioteknologi modern, semoga dapat menambah khazanah pengetahuan kita kedepannya,

Baca juga :

Bioteknologi konvensional, contoh dan manfaat

Pengertian rantai makanan (lengkap)

Pola hidup sehat yang dapat mencegah diabetes

Foto : bloganasekolah.blogspot(dot)com