Berlangganan

Gejala diabetes melitus yang tidak disadari

Gejala diabetes melitus (tipe)- Seseorang yang terkena diabetes biasanya mudah ditandai dari gejala yang sering buang air kecil, sering haus, maupun mati rasa pada bagian tangan maupun kakinya. Namun ada juga gejala lain yang memberikan ciri bahwa anda terkena diabetes melitus. berikut ini gejala diabetes melitus tersebut :
gejala diabetes melitus
1. Terjadi perubahan kulit.
Jika anda mengamati pada bagian kulit yang berupa lipatan seperti didaerah belakang leher, bagian siku maupun pada buku – buku jari mengalami warna hitam maka bisa jadi anda terkena diabetes. hal ini dijelaskan oleh seorang dokter kulit Sanjiv saini bahwa jika jumlah insulin yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan pertumbuhan sel kulit maupun melanin akibatnya akan muncul warna hitam yang disebabkan karena kondisi kadar gula darah yang lebih dari batas normal.
2. Ketajaman mata mengalami perubahan
Tanda diabetes yang dipahami banyak orang adalah mata menjadi lebih rabun atau buram jika menderita diabetes namun ternyata jika penglihatan anda menjadi semakin jernih juga mesti diwaspadai karena hal tersebut disebabkan oleh perubahan kadar air di dalam tubuh terutama pada area sekitar mata anda.
3. Kulit menjadi gatal
Seorang calon penderita diabetes juga dapat merasakan gatal pada area tangan, kaki maupun telapak kakinya. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan pada sirkulasi darah di dalam tubuh kita karena kelebihan kadar gula darah.
4. Kemampuan mendengar berkurang
Jika seseorang pada awalnya memiliki kemampuan mendengar yang baik dan tiba – tiba saja harus meningkatkan volume suara tv agar pendengarannya menjadi lebih baik bisa menandakan bahwa ia sedang mengalami gejala diabetes karena jumlah kadar gula darah yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan kerusakan pada daerah pembuluh darah maupun pada bagian sel saraf telinga di bagian dalam.
5. Sering mendengkur
Setiap penderita diabetes umumnya mendengkur saat tidur karena mayoritas penderita diabetes adalah orang yang bertubuh gemuk sehingga ia mengalami penyempitan saluran pernafasan saat tidur. Selain itu ia juga akan mudah sekali mengantuk di siang hari.
Demikianlah gejala diabetes melitus yang kadang tidak disadari oleh orang yang menderita diabetes.
Baca juga :

Photo : medicastore(dot)com