Berlangganan

Makanan untuk penderita diabetes yang tepat

Makanan untuk penderita diabetes – penderita diabetes diharuskan mengatur pola makannya, demikian pula dengan apa yang ia makan, semuanya harus diatur baik itu porsi, kandungan maupun jenis makanannya. Setiap seseorang makan maka dipastikan kandungan gula darah akan meningkat nah bagi penderita diabetes bila kandungan gula darahnya meningkat dapat berakibat fatal dan juga dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung maupun gangguan pada pembuluh darahnya. Ciri – ciri makanan yang cocok untuk penderita diabetes adalah mengandung nutrisi yang penting mulai dari kalsium, potsium, serta Vitamin A, Vitamin E dan Vitamin C.
Makanan untuk penderita diabetes 

Makanan untukpenderita diabetes. Foto : com-home(dot)info
Berikut ini Makanan untuk penderita diabetes yang sebaiknya ia konsumsi sehari – hari.
1. Cokelat Hitam
kandungan yang terdapat di dalam cokelat bermanfaat untuk mempercepat pengolahan glukosa di dalam darah. Penelitian yang di lakukan di copenhagen membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi cokelat hitam ia tidak akan banyak makan yang manis – manis, berlemak dan yang asin dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi cokelat susu. Manfaat lain dari flavonoid yang ada pada cokelat hitam adalah dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker, mengurangi serangan jantung hingga 2 %.
2. Sayur brokoli
Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Warwick ternyata di dalam brokoli mengandung sulfaraphane yang berperan dalam melindungi pembuluh darah kita dari kerusakan yang disebabkan oleh penyakit diabetes. Manfaat lain dari Sulfarophane adalah mengontrol kadar gula darah,, selain itu brokoli memiliki kromium untuk meningkatkan sensitifitas insulin di dalam tubuh kita.
3. Buah blueberry
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh USDA ternyata orang yang mengonsumsi 2,5 gelas jus blueberry liar setiap hari selama 12 minggu akan memberikan efek penurunan kadar glukosa di dalam darahnya dan juga dapat membantu mengatasi depresi.
4. Oatmeal
Kadar gula darah dapat dikontrol menggunakan oatmeal karena makanan ini mengandung karbohidrat kompleks. Manfaat lain dari oatmeal adalah kandungan magnesium yang dapat membantu tubuh mengolah glukosa dan membantu proses sekresi insulin dengan lebih baik lagi.
5. Makan ikan
Salah satu hal yang dapat memperburuk penderita diabetes adalah karena inflamasi yang tinggi. Kandungan omega 3 yang ada pada ikan dapat membantu mencegah imflamasi yang tinggi. Oleh karena itu perbanyaklah makan ikan.
6. Mengonsumsi minyak zaitun
hasil penelitian yang dilakukan di spanyol dan diterbitkan pada jurnal Diabetes Care membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 hingga 50%. manfaat zaitun dapat membantu mencegah resistensi insulin, mencegah penimbunan lemak. Gunakanlah minyak zaitun sebagai pengganti mentega, margarin .
7. Mengonsumsi kacang Cannellini
Kacang – kacangan memiliki indeks glikemik yang rendah dan memiliki serat serta protein yang bagus untuk penderita diabetes. Hasil penelitian dari Universita Of toronto membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi kacang – kacangan untuk program dietnya mengalami penurunan kadar gula darah hingga 2 kali dibandingkan dengan mengonsumsi gandum utuh.
8. Sayur Bayam
Hasil penelitian yang dilakukan di Inggris ternyata orang yang mengonsumsi sayur bayam lebih dari 1 porsi perhari maka orang tersebut mengalami penurunan resiko hingga 14 $ terkena diabetes.
9. Ubi Jalar
Mengonsumsi ubi jalar cukup efektif untuk mempercepat proses pengolahan glukosa. Ubi jalar juga  dapat dijadikan pengganti kentang sebab kandungan glukosa yang sangat rendah.
10. Walnut (kacang kenari)
hasil penelitian dari Universitas Yale menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi walnut sebanyak 56 gram selama 8 minggu akan mengalami perbaikan pembuluh darah yang rusak karena diabetes.
11. Kayu manis
kayu manis banyak kita temukan di Indonesia, sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yamg mengonsumsi 1 gram kayu manis secara rutin dapat menurunkan gula darahnya hingga 30% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. Penyebabnya karena di dalam kayu manis mengandung kromium.
12. Kunyit
Makanan yang mengandung kunyit baik untuk penderita diabetes karena di dalam kunyit terdapat zat curcumin yang dapat membantu proses metabolisme lemak di dalam tubuh.
13. Buah kecut semacam citrus
Buah – buah yang masuk dalam golongan citrus seperti jeruk, lemon memiliki serat yang tinggi. Di dalam buah ini terdapat fruktosa yang tidak tidak akan meningkatkan gula darah anda. Kandungan fibernya juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah penderita diabetes. Banyak buah citrus juga dapat mencegah seseorang untuk mengalami kenaikan berat badannya.
14. Buah tomat
Hasil penelitiaan yang dilakukan di Australia ternyata orang yang mengonsumsi jus tomat setiap hari secara rutin maka resiko terjadinya penggumpalan darah karena diabetes dapat berkurang. Penggumpalan darah cukup berbahaya karena menyebabkan penyakit komplikasi seperti stroke, penyakit jantung.
15. Yoghurt dan Susu rendah lemak
Lemak sama berbahayanya dengan gula bagi penderita diabetes karena penderita diabetes yang tinggi kadar lemaknya dapat membuat tubuhnya tidak peka dengan hormon insulis. Carilah susu yang rendah lemak untuk dikonsumsi penderita diabetes.
Demikianlah pembahasan mengenai Makanan untuk penderita diabetes.
Baca juga artikel sebelumnya :

Inilah penyebab diabetes mellitus yang tidak diduga