Berlangganan

Pengertian rantai makanan (lengkap)

Pengertian rantai makanan – Rantai makanan adalah perpindahan energi yang terjadi dari suatu organisme tingkat tropikke tropik yang lainnya melalui peristiwa makan dan dimakan dan dengan urutan tertentu. Setiap makhluk hidup membutuhkan energi untuk melakukan aktivitasnya, setiap makhluk hidup memperoleh energi dari sumber makanan yang berhasil diperolehnya. Tumbuhan memperoleh makanan dari proses fotosintesis dengan mengandalkan cahaya matahari, sementara itu hewan mengonsumsi tumbuhan dan hewan lainnya agar dapat memperoleh energi.
Di dalam sebuah rantai makanan ada tingkatan tropik dimana yang berada pada tingkatan tropik terendah adalah produsen karena ia tidak memakan organisme lainnya melainkan berperan sebagai sumber  makanan. Organisme yang bukan produsen akan bertindak sebagai konsumen dimana yang masuk dalam golongan ini adalah herbivora. Sementara itu yang menjadi puncak tertinggi dari rantai makanan diduduki oleh herbivora dan predator, biasanya tidak ada lagi yang dapat mengonsumsi oleh predator yang menempati tropik tertinggi dalam sebuah rantai makanan. Setiap rantai makanan memiliki uturan yang berbeda – beda tergantung pada panjang rantai makanan dan siapa yang menjadi puncak tropiknya. Jumlah tingkatan rantai makanan dihitung berdasarkan jumlah makhluk hidup yang ada di dalamnya misalnya rantai makanan 3 tingkatan diisi oleh elang, merpati, dan tumbuhan berbiji. Setiap lokasi ekosistem yang berbeda maka akan terdapat rantai makanan yang berbeda pula seperti rantai makanan di laut tidak akan sama dengan rantai makanan di sawah. Oleh karena itu akan kita bahas satu persatu setiap rantai makanan yang mungkin terjadi.

Gambar rantai makanan

Berikut ini beberapa gambar rantai makanan agar kita mudah memahaminya. :
gambar rantai makanan 2rantai makanangambar rantai makanan

Rantai makanan di laut

Contoh rantai makanan di laut cukup banyak, tetapi butuh penelitian satu persatu untuk mengetahui rantai makanan yang tepat, berikut ini beberapa contoh rantai makanan di laut yang sudah kami rangkum
1. Fitoplankton –> zooplankton –> hewaan laut yang kecil –> hewan laut besar –> predator – >dekomposes (pengurai) kemudian kembali lagi ke fitoplankton, demikianlah kejadian yang terus – menerus berulang selama tidak ada rantai makanan yang putus disebabkan oleh hilangnya atau punahnya suatu jenis makhluk hidup di laut.
2. Plankton –>Ikan kecil –> ikan besar –> singa laut. Penjelasannya dimana planktondimakan oleh ikan kecil,  kemudian ikan kecil dimakan oleh ikan besar dan terakhir ikan besar ini akan dimakan oleh singa laut yang merupakan predator tertinggi.

Rantai makanan di sawah

Di sawah juga terdapat rantai makanan karena banyak makhluk hidup yang ada di dalam ekosistem sawah. berikut ini contoh rantai makanan di sawah.
1. Padi –> tikus –> ular –> elang –> dekomposer. Penjelasannya dimana padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus ini akan dikkonsumsi oleh ular, dan setelah ular mati maka akan diuraikan oleh dekomposer.
2. Padi –> belalang –> burung –> manusia –> dekomposer. Penjelasan dimana padi biasanya juga dimakan oleh belalang, belalang kemudian dikonsumsi oleh burung dan manusia bisa juga mengonsumsi burung, dan ketika mati maka manusia akan diuraikan oleh dekomposer.
3. Padi –>belalang –> katak –> ular sawah –> elang –> anjing –> dekomposer. Penjelasan padi dimakan oleh belalang, kemudian katak akan mengonsumsi belalang, sementara itu ular sawah juga suka makan katak, ular sawah dimakan oleh elang, elang dimakan oleh anjing. Ketika anjing mati maka ia akan diurai oleh dekomposer. untuk mencegah hama tikus maka petani biasanya melepas ular sawah berkeliaran.

Rantai makanan di hutan

Di dalam hutan juga terdapat rantai makanan yang kompleks, berikut ini adalah contoh rantai makanan di hutan :
1. Rumput –> belalang –> burung kutilang –> elang –> dekomposer. Biasanya di dalam hutan banyak rumput yang dimakan oleh belalang, belalang juga suka jadi santapan burung kutilang, burung kutilang dimakan oleh elang karena elang pemakan daging, elang mati akan diuraikan oleh dekomposer.
2. Rumput –> rusa –> harimau –> dekomposer. Penjelasan : rumput juga suka dimakan oleh rusa, kemudian rusa selalu diincar oleh harimau untuk dimakan, ketika harimau matu akan dimakan oleh dekomposer (pengurai) berupa bakteri dan jamur.
3. Rumput –> burung –> ular –> pengurai.
Rantai makanan di kebun
Di dalam kebun yang memiliki banyak tumbuhan juga dapat memiliki rantai makanan yang cukup bervariasi. berikut contoh rantai makanan di kebun :
1. Bunga –>ulat –> burung pipit –> elang. penjelasan dimana daun bunga biasanya dimakan oleh ulat, ulat yang berukuran kecil juga sering dimakan oleh burung pipit, burung pipit dimakan oleh elang.
2. Sawi –> ulat –> burung pipit –> elang. Penjelasan dimana kebun yang berisi sawi biasanya banyak dimakan oleh ulat pada bagian daunnya, ulat akan dimakan oleh burung pipit dan pipit dimakan oleh elang.
3. Sawi –>belalang –> burung pipit-> elang.
4. Sawi –> belalang –> katak –> elang
5 Sawi –> tikus –> elang
Rantai makanan perumput
Rantai makanan perumput adalah rantai makanan yang dimulai dari organisme yang berupa produsen (tumbuhan). Sebagian besar rantai makanan adalah perumput karena banyaknya hewan yang mengonsumsi tumbuhan sebagai sumber makanan utamanya. ada banyak sekali contoh rantai makanan perumput, berikut ini beberapa contohnya :
1. Padi –> belalang –> katak –> ular
2.Sawi –> belalang – katak –> elang
3. Bunga –> ulat –> burung pipt –> elang
Rantai makanan di kolam
Rantai makanan di kolam juga dapat kita amati karena tanpa rantai makanan tidak akan terjadi kehidupan yang seimbang, kolam air tawar,kolam buatan dan kolam alami memiliki rantai makanan yang berbeda pula. berikut ini contoh rantai makanan di kolam :
1. Plankton –> ikan kecil –> ikan besar –> nematoda –> virus/kuman
Rantai makanan di danau
Danau adalah cekungan yang luas dan berisi air yang tidak pernah surut. Pada umumnya danau memiliki air tawar tetapi beberapa juga ada yang airnya asin. nah apa saja contoh rantai makanan di danau?
1. Alga –> ikan kecil – > ikan besar
Rantai makanan di padang rumput
Padang rumput memiliki cakupan area yang sangat luas dan hanya terdiri dari rumput – rumput kecil, biasanya di daerah ini banyak makhluk hidup yang mencari makanan. Contoh rantai makanan di padang rumput sebagai berikut :
1. Rumput –> belalang –> katak –> elang –> dekomposer (bakteri/jamur). Rumput suka dimakan oleh belalang, kemudian belalang dimakan oleh katak, dading katak suka dimakan oleh elang, ketika elang mati maka akan diurai oleh bakteri atau jamur yang ada.
Demikianlah pembahasan lengkap mengenai rantai makanan dan contoh rantai makanan di sekitar kita. semoga dapat dipahami.
Baca juga :

Pola hidup sehat yang dapat mencegah diabetes

Kenali Penyakit Diabetes Lebih Jauh Serta Cara Menanggulanginya Dengan Obat Herbal

Pengertian Simbiosis parasitisme, contoh simbiosis parasitisme

Photo :
sukasains(dot)com
ridwanaz(dot)com
aancloxx.wordpress(dot)com