Tuesday, 23 September 2014

Apa Saja Fungsi Sel Darah Merah?

Tags

Sel darah merah atau yang juga dikenal sebagai eritrosit ternyata memang sangat berperan penting bagi tubuh kita. Tubuh kita hanya bisa berfungsi dengan baik ketika peredaran darah dalam tubuh juga berfungsi baik. Dan salah satu komponen dalam darah yang bersirkulasi dalam tubuh kita adalah sel darah merah itu. Lalu, sebenarnya apa sih fungsi sel darah merah?

fungsi sel darah merah

Sel darah merah, yang seperti namanya berwarna merah dan berbentuk seperti cakram, mempunyai tugas spesifik sebagai pembawa oksigen dalam tubuh kita. Perlu diketahui, oksigen merupakan satu unsur yang sangat diperlukan. Ambil saja contoh bagaimana otak kita sangat membutuhkan oksigen. Oksigen yang berasal dari paru-paru akan diikat oleh hemoglobin (zat merah) yang berada dalam sel darah merah. Kemudian, sel darah merah akan membawa kandungan oksigen tersebut ke seluruh bagian tubuh. Pada saat yang sama, sel darah merah akan mengikat karbon dioksida hasil pembakaran oksigen dalam tubuh untuk dibawa kembali ke paru-paru dan disekresikan atau dibuang keluar tubuh. Jadi bisa dikatakan, fungsi sel darah merah adalah sebagai kurir pengangkut oksigen dalam tubuh.

Namun, fungsi tersebut bukan hanya yang satu-satunya. Sel darah merah ternyata juga berfungsi sebagai penanda golongan darah kita. Ketika kita ingin mengecek golongan darah, sel darah merahlah yang sebenarnya diperiksa karena dalam sel darah merah terkandung karakteristik unik darah dan itulah yang akan menentukan golongan darah kita.

Fungsi sel darah merah yang berikutnya adalah sebagai salah satu unsur dalam tubuh yang berperan penting menentukan kualitas sistem kekebalan. Bayangkan jika tubuh kita terinfeksi patogen, virus, atau bakteri yang pastinya akan juga terbawa dalam sirkulasi darah. Ketika kondisi tersebut terjadi, sel darah merah akan melepaskan radikal bebas yang kemudian akan membinasakan zat-zat asing dalam tubuh tersebut.