Berlangganan

Fungsi Dinding Sel Di Dalam Tumbuhan

Fungsi dinding sel adalah sebagai pelindung. Apa yang dilindungi? Inilah yang akan kami ulas. Ulasan di bawah ini akan menambah pengetahuan kalian.

Sel tersusun oleh beberapa organel, dan dinding sel merupakan salah satu dari organel sel yang tentunya memiliki fungsi khusus. Untuk lebih spesifiknya, dinding sel hanya dimiliki oleh tumbuhan, bakteri, dan alga bahkan jamur. Sangat berbeda sekali dengan hewan yang tidak memiliki dinding sel untuk perlindungannya.

Fungsi dinding sel

Fungsi Dinding sel

Nah, sekarang apa sih fungsi dari adanya dinding sel itu? Fungsi dari adanya dinding sel pada tumbuhan dan makhluk hidup lain yang memilikinya adalah untuk menjaga bentuk sel. Selain itu, dinding sel juga difungsikan sebagai penyedia kekuatan mekanis yang sifatnya rigid (kaku) sehingga tumbuhan bisa berdiri dengan tegak.

Imbuhnya adalah mampu mengendalikan tekanan turgor agar tumbuhan mampu menyeimbangkan diri agar tidak mengaami kerusakan jika tekanan tadi terlalu kencang, dan tidak lembek atau layu ketika tekanannya lemah.

Selain itu juga fungsi dari adanya dinding sel adalah untuk menyaring atau memfilterisasi zat-zat, serta mengatur pertukaran masuk dan keluarnya sebuah zat. Tidak hanya itu saja, namun lebih kepada fungsi untuk perlindungan terhadap hal yang membahayakan.

Tambahan fungsi dari dinding sel ini adalah untuk tempat penyimpanan cadangan karbohidrat yang sewaktu-waktu bisa digunakan oleh tumbuhan itu sendiri.

Nah, itulah perlindungan yang menjadi esensi dari adanya dinding sel tadi, terutama untuk menjaga bentuk struktural dari makhluk hidup. Demikianlah ulasan yang cukup singkat dari fungsi dinding sel.