Berlangganan

Mengenali Fungsi Membran Sel

Fungsi membran sel adalah sebagai pembatas bagian inti dan bagian terluar dari sel. Membran sel ini juga dilengkapi dengan dinding sel untuk tumbuhan dan sejenis alga, dan lain-lain. Selain itu, membran sel atau membran plasmalah yang akan menjadi pembatas utama.

fungsi membran sel

Fungsi Membran Sel

Dengan adanya membran plasma inilah organel-organel di dalam sel dapat lebih aman dalam menjalankan fungsinya dengan maksimal. Membran plasma ini tersusun oleh dua zat yaitu lemak dn protein. Dan, lemak ini juga tersusun dari fospolipid, kolestrol, dan juga gliokolipid. Lemak di dalam membran inilah yang membantu molekul di dalam sel agar tidak larut dengan air.

Sedangkan protein di dalam membran plasma ini terbagi kedalam dua bagian, yaitu protein yang mampu menembus dinding membran dan protein yang bertempat pada permukaan membran. Fungsi dari keduanya juga cukup berbeda namun menjadi satu kesatuan utuh yaitu untuk protein yang berada dipermukaan sebuah membran akan menjadi pemompa ion-ion atau molekul, sedangkan protein yang mampu menembus membran tadi menjadi tempat lalu lintas ion tadi.

Nah, selain sebagai tempat untuk mengatur laju masuk dan keluarnya sebuah molekul, membran sel juga terlihat fungsinya sebagai pemisah antara bagian dalam dan luar. Ya, di dalam membran tadi ada tempat yang sifatnya menjauhi air dan suka pada air. Nah, dari yang menjauhi air tadi fungsi protein dari struktur pembentuk membran inilah yang akan membatasi dari larutnya molekul dari adanya air.

Cukuplah membran plasma sabagai tempat untuk memainkan peran dalam proses mengeluarkan dan memasukkan ion atau molekul. Dan, itulah yang menjadi fungsi membran sel sebagai organel yang peranannya sangat dibutuhkan oleh sel.