Berlangganan

Siklus Sel Untuk Memperbanyak Diri

Siklus sel terjadi pada setiap makhluk hidup. Lalu apa sih maksudnya dan bagaimana prose situ terjadi? Kalian akan tahu disini, karena kami mencoba untuk memaparkan sesingkat dan sesederhana mungkin agar mudah untuk difahami.

Siklus sel merupakan salah satu proses yang fungsinya adalah untuk menduplikasi DNA di dalam sel sehingga diakhir proses tersebut muncullah sel baru yang sama persis atau identik. Proses berulangnya siklus ini kalian sebut dengan proliferasi.

Siklus sel

Ada dua pembagian dalam siklus ini, hal ini disebabkan oleh perbedaan yang dimiliki oleh sel prokariotik dan eukariotik. Pada sel prokariotik penduplikatan untuk mendapatkan sel baru dinamakan dengan pembelahan biner, hal ini disebabkan oleh tidak adanya inti sel di dalamnya.

Berbeda sekali dengan sel eukariotik, pada siklus ini ada dua fase yang disebut dengan terdapat empat tahapan. Yaitu fase M (mitosis), fase G1, fase S (sintesis), dan fase G2.

Untuk memperbanyak sel yang identik, tahapannya mulai dari fase mitosis, yaitu dengan cara membelahnya inti sel serta terbentuknya sitoplasma. Setelah itu dilanjutkan fase G1 (diam), dan selanjutnya adalah fase sintesis yang mana replika dari DNA terjadi, dan yang terakahir adalah fase G2 yang intinya adalah menunggu ke fase berikutnya untuk memperbanyak sel dengan DNA yang sama lagi.

Nah, cukup jelas kan? Demikianlah empat tahapan dalam siklus sel yang memiliki inti sel (eukariotik).