Cari Tahu Klasifikasi Padi (Oryza Sativa L)

Klasifikasi Padi - Banyak orang tak tak tahu dan tak paham tentang klasifikasi padi. Padi sendiri sudah tak asing dengan kita karena ini adalah cikal bakal dari beras yang nantinya akan dimasak menjadi nasi dan menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Tanaman padi ini sendiri tak hanya tumbuh di Indonesia namun tumbuh juga di Negara Asia lainnya seperti Vietnam, Thailand, India dan juga Cina. Padi ini masuk dalam kategori tanaman rumput berumpun dan bisa hidup di benua Asia dan juga di Afrika barat yang iklimnya tropis sampai dengan subtropis.

Klasifikasi padi

Tanaman padi ini sering terganggu dengan hama tikus, burung atau wereng cokelat. Hama tersebut yang membuat petani seringkali gagal panen. Klasifikasi padi ini sendiri termasuk dalam division Spermatophyta dengan sub divisio Angiospermae. Tanaman padi masuk dalam kelas Monocotyledoneae dan dari ordo Poales. Famil tanaman padi adalah Graminae dan masuk dalam genus Oryza Linn. Kita sendiri sering kali menyebut spesies tanaman padi dengan sebutan Oryza Sativa L.

Tanaman padi selain bisa diteliti klasifikasi padi seperti yang telah dijelaskan di atas, kita juga bisa melihat dan meneliti dari akarnya. Tanaman ini mempunyai akar radikula yang tumbuh saat benih akan berkecambah. Lalu tanaman ini juga berakar serabut dan berkembang menjadi akar tunggang. Akar rambut akan tumbuh dari akar tunggang. Selain itu tanaman padi juga mempunyai akar tajuk atau akar yang tumbuh dari ruas batang yang paling rendah.

Artikel Terkait

Pengertian Membran Sel

Pengertian Gen