Tuesday, 14 October 2014

Cari Tahu Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Tags

Perbedaan Mitosis dan Meiosis - Apakah anda sedang mencari penjelasan tentang perbedaan mitosis dan meiosis? Anda tak perlu mencari ditempat lainnya karena anda akan mendapatkan informasinya disini. Secara garis besar, keduanya merupakan proses pembelahan sel. Pembelahan sel ini terjadi pada kromosom sel yang mengandung informasi genetic suatu organisme. Jika keduanya adalah proses pembelahan sel lalu apa yang menjadi pembedanya?

Perbedaan mitosis dan meiosis terletak pada cara, jumlah sel yang dihasilkan dan juga jumlah salinan informasi genetik yang akan dihasilkan. Pada proses pembelahan mitosis, sebuah sel induk hanya akan terbelah menjadi dua sel anak yang akhirnya mempunyai dua salinan informasi genetik saja. Sedangkan untuk proses pembelahan sel meiosis, satu buah sel induk akan membelah sebanyak dua kali dan akhirnya membentuk 4 buah sel anakan namun jumlah salinan informasi genetik hanya satu.

Perbedaan  mitosis dan meiosis

Pada pembelahan mitosis sel membelah menjadi dua buah sel yang identik dan digunakan untuk perbaikan, perkembangan dan pertumbuhan. Sedangkan pada proses pembelahan meiosis, akan dihasilkan gamet atau sperma atau sel telur pada hewan dan juga spora yang biasanya ditemukan pada tumbuhan jamur. Selain perbedaan mitosis dan meiosis dari jumlah sel anakan yang dihasilkan langkah atau proses pembelahan sel juga berbeda. Pada pembelahan meiosis kita akan akan mengetahui istilah pindah silang sedangkan pada mitosis kita tidak mengenal istilah tersebut. Anda bisa melihat perbedaan lainnya dengan mencari tahu gambar pembelahan sel dengan dua cara tersebut.

Artikel Sebelumnya

Fungsi Mitokondria

Pengertian Membran Sel