Pahami Apa itu Mitokondria dan Fungsi Mitokondria

Fungsi Mitokondria - Ada banyak hal yang bisa kita pahami dengan mudah jika kita mencarinya di internet. Bagi anda yang ingin tahu tentang beragam istilah dalam biologi, anda bisa mendapatkan penjelasan dengan mudah juga. Salah satu yang kita bahas di sini adalah tentang mitokondria dan fungsi mitokondria itu sendiri. Sebelum tahu fungsinya ada baiknya kita tahu apa itu mitokondria terlebih dahulu. Mitokondria adalah sebuah organel terbesar yang kedua yang ada di dalam sel.

Fungsi Mitokondria

Sel mitokondria ini adalah salah satu sel yang sangat berperan pada proses respirasi pada sel. Karena perannya yang sangat penting inilah mitokondria juga sering disebut sebagai pusai kekuatan sebuah sel. Kita bisa menemukan sel mitokondria ini disetiap sel dalam tubuh kita. Setelah tahu fungsi mitokondria yang utama dan berkaitan dengan respirasi sel, maka kita bisa tahu juga bahwa mitokondria ini terdiri dari beberapa bagian.

Di sel mitokondria kita bisa menemukan beberapa bagian seperti membran luar, membrane dalam, ruang antar membrane, Krista, dan matriks sitoplasma. Setiap bagiannya mempunyai fungsinya sendiri-sendiri juga. Fungsi utama dari bagian mitokondria sendiri adalah respirasi selular atau proses kimia untuk melepaskan energi yang ada di dalam glukosa. Fungsi mitokondria ini juga berkaitan dengan siklus asam sitrat, transportasi elektron, mengontrol siklus sel, pemantauan pertumbuhan sel, mengelola apotosis, dan sebagai sel sinyak bagi neuron.

Artikel terkait

Komponen kimiawi sel

Struktur Sel manusia