Berlangganan

Fungsi Akar dan Bagian - Bagian Akar

Fungsi Akar – Akar adalah bagian yang berada pada bagian bawah tumbuhan. Biasanya Tertutupi oleh tanah tetapi beberapa jenis akar juga dapat berperan sebagai akar nafas sehingga letakknya di luar tanah atau menggantung .Fungsi Akar – Akar yang mana merupakan bagian dari tumbuhan yang memiliki fungsi yakni sebagai berikut:

- Mampu menyerap air dan mineral yang mana tumbuhan tentunya sangat memerlukan air dan mineral untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Tentunya untuk mendapatkan kebutuhan tersebut, tumbuhan haruslah menyerap dari dalam tanah dengan menggunakan akar ini.

- Menyokong berdirinya tumbuhan yang mana seperti kita tahu akar ini tertancap didalam tanga yang memiliki fungsi seperti pondasi pada bangunan. Dengan akar tentunya tumbuhan bisa berdiri dengan kokoh diatas tanah, maka karena itu, tumbuhan bisa bertahan dari terjangan angin yang kencang ataupun hujan deras.

- Sebagai alat pernapasan, selain akar menyerap air dan mineral, bagian tumbuhan yang satu ini juga ternyata bisa menyerap udara dari dalam tanah. Tentu saja hal tersebut bisa dilakukan karena tanah memiliki pori-pori dengan melalui pori-pori tersebut akar tumbuhan bisa mendapatkan udara dari dalam tanah tentunya.

- Tempat penyimpnan makanan cadangan, untuk tumbuhan seperti ubi dan bengkoang, akar pada tumbuhan tersebut juga berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan makanan cadangan yang mana akarnya akan jauh lebih besar seiring dengan banyaknya makanan yang tersimpan didalamnya.

Bagian bagian akar

Bagian-bagian Akar

- Epidermis

Sel yang satu ini memiliki bentuk yang pipih dengan dinding yang tipis, dimana didekat ujung akar, sel epidermis ini akan mengalami perubahan berbentuk rambut-rambut akar yang mana memiliki fungsi untuk memperluas bidang untuk menyerap air dan mineral.

- Korteks Akar

Sel ini memiliki bentuk dan vakuola yang besar. Plastida yang ada didalam sel korteks ini tentunya akan menyimpan pati. Maka karena itu, pada umumnya tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan, akarnya akan menjadi lebih dominan jika dibandingkan dengan jaringan lainnya.

- Endodermis

Sel endodermis ini memiliki kandungan selapis suberin ataupun gabus yang mana sering disebut dengan pita caspary, Pita tersebut tentunya merupakan satu kesatuan antara lamela tengah dengan dinding primer. Dibagian akan yang mengalami penebalan sekunder, jaringan endodermis ini akan tanggal bersamaan dengan sel korteks.

- Silinder pusat

Silinder pusat ini terdapat didalam sel endodermis yang mana terdiri atas jaringan xylem dan juga floem. Pada lapisan luar silinder pusat terdapat perikambium ataupun perisikel. Pada bagian tengah jika tidak diisi dengan jaringan pembuluh maka bagian tersebut akan diisi dengan parenkim empulur.

Jadi itulah pembahasan mengenai fungsi akar beserta dengan bagian-bagiannya yang mungkin bisa membantu Anda untuk lebih mengenal lagi dengan bagian tumbuhan yang satu, semoga bisa bermanfaat J

Artikel Sebelumnya

Macam macam bakteri

perbedaan otot polos otot lurik dan otot jantung

Fungsi Ribosom