Berlangganan

Fungsi Jaringan Epitel dan Macam Macam Jaringan Epitel

Fungsi Jaringan Epitel – Jaringan yang satu ini merupakan salah sati dari 4 jenis utama yang mana dapat ditemukan pada hewan dan juga manusia. Jaringan ini tentunya meliputi garis, semua permukaan tubuh eksternal hingga hampir ke permukaan tubuh internal. Adapun organ-ogran internal seperti hati, ginjal dan partu-paru juga terdapat jaringan epitel ini sedangkan untuk organ eksternal yakni seperti kelenjar. Jariangan ini sebenanrya memiliki fungs sebagai pelapis dan juga pelindung dari lingkungan untuk jaringan dan organ lainnya akan tetapi juga bisa sebagai antarmukad dengan dunia luar. Sel epitel itu sendiri memiliki variasi yang beragam dan memiliki tanggung jawab yang banyak seperti perlindngan, sekresi, penyerapan dan juga untuk input sensorik.

Fungsi jaringan Epitel

Fungsi jaringan Epitel

Fungsi jaringan Epitel

Jaringan epitel itu sendiri memilik jenis yang paling akrab kita kenal dengan epidermis ataupun kulit. Epidermis tentunya seperti yang kita tahu melindungi jaringan tubuh lainya dari kerusakan karena lingkungan yang berbahaya ataupun tidak sehat. Selain itu juga berfungsi untuk menjadi penghalang terhadap parasit dan juga mikroorganisme yang berbahaya. Tentunya bentuk jaringan epitel ini sangatlah fleksibel. Kelenjar keringat yang terdapat pada jaringan epitel ini bisa membantu mengatur suhu tubuh dan juga ujung saraf pada jaringan ini merupakan bagian dari sistem sensorik, yang mana bisa membantu menyembuhkan dengan cepat ketika terjadi kerusakan ataupun luka.

Macam- macam Jaringan Epitel

Macam- macam Jaringan Epitel

- Epitel Pipih.

Jaringan epitel pipih ini tentunya berbentuk pipih yang mana sitoplasma tidak akan berwan dengan nucleus yang terdapat ditengah-tengah sel.

- Epitel Kubus

Jaringan epitel Kubus memiliki bentuk seperti kubus dengan sel nya yang tersusun rapat dan juga rapi yang mana membentuk struktur seperti bentuk sarang tawon. Di bagian organ seperti ginjal, jaringan epitel kubus ini akan memiliki tonjolan-tonjolan yang mana biasa disebut dengan mikrovili. Tonjolan-tonjolan itu adalah perluasan permukaan untuk meningkatkan efisiensi penyerapan zat-zat yang diperlukan.

- Epitel Batang

Jaringan epitel batang yakni bentuk nya memanjang, dengan sitoplasma memiliki vesikel yang warnanya gelap dan berisi bahan sekresi berupa lender. Untuk permukaan jaringan epitel ini memilik bentuk silia ataupun mikrovili

Itulah informais mengenai fungsi jaringan epitel yang mana sering kita lihat fungsinya ketika mendapatkan luka pada kulit. Semoga bermanfaat J

Artikel Sebelumnya

Ciri ciri bakteri

Bagian bagian sel tumbuhan

Fungsi organel sel