Berlangganan

Mengenal siklus menstruasi, dan penyebab haid tidak lancar pada wanita

Siklus Menstruasi -  Siklus menstruasi akan dialmi oleh seorang wanita yang sudah remaja, siklus menstruasi setiap wanita tiadak ada yang sama ada yang 21 hari dan bahkan ada yang sampai 30 hari sekali. Siklus menstruasi terjadi karena adanya pembentukan sel telur dan pembentukan endometrium. Adapun siklus menstruasi wanita akan terjadi selama 4 fase.

- Fase menstruasi pertama

Fase menstruasi pertama terjadi selama 1 – 5 hari, ciri ciri fase pertama adalah terjadinya penurunan hormon progesteron dan hormon estrogen yang mengakibatkan pembuluh darah di endometrium akan menegang, akibatnya suplai oksigen ke endometrium menurun. Karena kehamilan tidak terjadi maka endometrium akan berdegenerasi dengan cara mengalami peluruhan sel – sel dinding uterus, terjadi pemecahan pembuluh darah di endometrium, darah dan sel – sel endometrium akan keluar melalui vagina. disinilah yang disebut menstruasi yang akan berlangsung pada hari ke 5- 7 hari.

 

siklus menstruasi

 

- Fase kedua menstruasi

Fase kedua disebut fase Folikuler (Fase Reparasi) yang ditandai dengan terjadinya proses penyembuhan  yang disebabkan pecahnya pembuluh darah. Fase ini akan dipengaruhi oleh hormon estrogen yang diproduksi oleh folikel. Hormon estrogen berfungsi untuk merangsang pertumbuhan lapisan sel endometrium, pembuluh darah dan kelenjar. Fase ini terjadi pada hari ke 6 –10 hari.

siklus menstruasi

- Fase ke 3 Menstruasi

Fase ketiga menstruasi atau biasa disebut masa fertil (masa subur). Pada fase ini memiliki ciri ciri terjadi peningkatan hormon estrogen yang akan menghasilkan LH. Jika LH meningkat maka sel folikel akan memproduksi hormon progesteron yang berperan dalam mematangkan folikel dan merangsang terjadinya ovulasi. Ovum akan bergerak di sepanjang tuba fallopi, dimasa inilah seorang wanita mengalami masa subur dan siap dibuahi karena ovum telah dilepaskan dari ovarium. Fase ini akan terjadi pada hari ke 11 – 18 hari.

 

siklus menstruasi

- Fase ke 4 menstruasi

Fase ke 4 dari menstruasi atau biasa disebut fase luteal adalah fase dimana folikel graaf mengalami pecah menjadi korpus luteum yang memiliki banyak darah setelah terjadi ovulasi. Perubahan folikel graaf menjadi korpus luteum disebabkan karena adanya LH. Pada fase ini dinding endometrium akan menjadi tebal dan lembut dan memiliki banyak pembuluh darah untuk mempersiapkan kehamilan. Jika seorang wanita tidak hamil maka korpus luteum akan mengalami degenerasi menjadi korpus albikans sehingga hormon progesteron dan hormon estrogen akan menghilang atau menurun jumlahnya..

siklus menstruasi

Menghitung masa subur

Masa subur adalah masa dimana seorang wanita berpeluang besar mengalami kehamilan. hal ini sebaiknya dipahami bagi pasangan yang ingin segera memiliki anak. Namun tidak semua paham bagaimana menghitung masa subur wanita dan berapa lama masa subur tersebut terjadi. menghitung masa subur dapat dilakukan dengan metode kalender. Masa subur adalah masa dimana terjadi oevulasi atau sel telur sedang bergerak di tuba fallopi,  masa subur ini terjadi pada fase ke tiga menstruasi

kalender masa subur

gambar kalender masa subur.

Berikut ini adalah penjelasan kalender masa subur dimana pada fase menstruasi atau pada hari ke 21 sampai hari ke 7 peluang kehamilan sangat kecil sekali, sedangkan pada hari ke 8,9,18,19,20 adalah masa peluang terjadinya kehamilan menengah. Sedangkan sisanya pada hari ke 10 – 14 disitulah hari dimana peluang terjadinya kehamilan pada wanita sangat tinggi terlebih lagi pada hari ke 12 – 16 dimana sedang terjadi ovulasi.

Penyebab haid tidak lancar

Haid yang tidak lancar sering kali menyebabkan wanita menjadi stres dan tidak sedikit yang menganggap bahwa ada masalah pada tubuhnya dan bahkan menduga dirinya sedang hamil. Memang benar bahwa penyebab haid tidak lancar dikarenakan ada masalah pada tubuh baik secara hormonal maupun psikologi.Namun harus diwaspadai adalah bila haid tidak teratur bisa jadi ada tanda anda sedang terkena penyakit serius. Nah berikut ini beberapa penyebab haid tidak lancar.

1. Turunnya berat badan

Orang yang terkena penyakit berbahaya biasanya mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis, beberapa penyakit seperti anoreksia dan bulimia dapat menjadi biang keladi turunnya berat badan dan terlambatnya menstruasi.

2. Sering stres

Terlalu sering mengalami stres baik yang disebabkan oleh pekerjaan dirumah ataupun di kantor dapat memberikan pengaruh terhadap bagian otak yaitu hypotalamus. Di dalam hypotalamus terdapat hormon yang berpran dalam mengatur masa haid. dampak yang ditimbulkannya yaitu bila hypotalamus mengalami gangguan maka dampaknya produksi  hormon menjadi tidak seimbang

3. Masalah pada tiroid

Kelenjar tiroid terletak di bagian leher berperan dalam negatur proses metabolisme pada tubuh manusia. Kelenjar ini akan bekerja secara bersamaan dengan kelanjar lainnya di tubuh. Akibatnya bila kelenjar tiroid terganggu maka siklus haid akan menjadi tidak teratur.

4. Aktivitas pada hormon

Beberapa jenis aktivitas harian dapat menyebabkan gangguan pada hormon yang berhubungan dengan haid pekerjaan yang menyebabkan kelelahan berlebihan dan stres serta beban pikiran yang terlampau banyak akan memnegaruhi kinerja hormon progesteron dan estrogen akibatnya siklus menstruasi menjadi tidak akan teratur lagi

5. Konsumsi pil kontrasepsi

Pil kontrasepsi dikonsumsi untuk mencegah terjadinya kehamilan namun ternyata beberapa jenis pil kontrasepsi yang dikonsumsi dengan dosis rendah dapat memberikan efek pada haid yang tidak teratur. Walaupun hal ini tidak terlalu berbahaya tetapi dapat membuat pusing karena haid menjadi tidak teratur.

6. Adanya pertumbuhan jamur dan  tumor

Beberapa penyakit seperti pertumbuhan jamur yang dialami oleh seorang olahragawan dapat memberikan efek haid menjadi tidak teratur, demikian pula dengan penyakit tumor yang bersarang di tubuh dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

Demikianlah pembahasan mengenai siklus menstruasi, menghitung masa subur, dan penyebab haid tidak lancar.

Artikel Sebelumnya

Sistem pencernaan pada manusia

Sistem reproduksi pada manusia

Ciri ciri darah rendah