Berlangganan

Apakah Yang Anda Ketahui Tentang Asam Nukleat?

Apakah Anda mengetahui satu jenis senyawa yang dikenal dengan nama asam nukleat? Jika tidak, perlu Anda ketahui bahwa senyawa ini sebenarnya merupakan sususan dari senyawa organik yang kompleks yang ditemukan di dalam semua organisme yang hidup. Selain itu, senyawa ini juga sebenarnya bisa ditemukan di dalam kromosom virus.

Struktur asam nukleat

Struktur Asam nukleat. Foto : slideshare(dot)net

Definisi Singkat

Jika ditanya mengenai definisi singkat dari asam nukleat, ini bisa dijelaskan sebagai berikut. Senyawa ini merupakan sejenis molekul biologis yang tidak hanya kompleks tetapi juga mempunyai peranan yang sangat penting bagi semua jenis dan bentuk kehidupan yang bisa ditemukan di dalam dunia ini. Dua hal penting yang termasuk di dalamnya adalah DNA dan juga RNA, yang tak lain dan tak bukan adalah factor-faktor penentu keturunan bagi semua organisme yang hidup. Biasanya, asam ini muncul di hamper semua sel hidup dalam dua jenis keadaan yang berbeda, yaitu terikat dan juga bebas. Untuk jenis yang terikat, biasanya ini terikat pada satu jenis protein yang diketahui sebagai nucleoproteins.

DNA Nucleic Acid

Asam nukleat, yang dalam bahasa Inggris dikenal denan sebutan nucleic acid, mempunyai dua jenis yang berbeda seperti yang sudah disebutkan tadi. Jenis yang pertama dikenal dengan nama DNA, yang tentu saja sudah tidak terdengar asing lagi di telinga kita semua. DNA yang adalah Asam Deoksiribonukleat ini merupakan jenis makromolekuk yang di dalamnya terdapat informasi lengkap mengenai info genetik keturunan yang disebut dengan nama gen.

RNA Nucleid Acid

Jenis berikutnya dikenal dengan sebutan RNA, yang sepertinya cenderung tidak familiar di kalangan masyarakat awam. RNA atau Asam Ribonukleat mempunyai fungsi khusus yaitu untuk mengkonversi informasi genetik yang ada di dalam gen ke dalam bentuk lain yang tak lain adalah sekuens dari asam amino dan juga protein. Berbeda dengan makhluk hidup yang lain termasuk juga manusia, RNA yang terdapat di dalam beberapa jenis virus malahan mengandung informasi genetik, yang pada umumnya memang terdapat di dalam DNA saja. Jika DNA tidak mempunyai berbagai macam jenis, RNA sebaliknya. Ada beberapa jenis RNA yang diketahui hingga saat ini. Jenis-jenis tersebut adalah Transfer RNA atau tRNA, Messenger RNA atau mRNA, dan juga Ribosomal RNA atau biasa disingkat menjadi rRNA.

Sesuai dengan jenisnya yang berbeda-beda, setiap tipe RNA membawa fungsi yang berbeda pula. Contohnya dapat dilihat pada transfer RNA yang mempunyai fungsi untuk membawa asam amino yang sangat dibutuhkan di dalam proses sintesis protein. Selain itu, tipe yang satu ini juga memegang peran penting dalam proses penguraian kode atau decoding pada mRNA yang adalah jenis RNA yang berfungsi untuk membawa informasi secara berurutan di antara Ribosom dan juga DNA.

Mengenal tumbuhan Thallophyta

Reproduksi tumbuhan paku (metagenesis)

Tumbuhan berbiji (Spermatophyta)