Tuesday, 13 October 2015

Ciri ciri diabetes yang harus dikenali sejak dini

Tags

Ciri ciri diabetes – Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena kelebihan gula darah di dalam tubuh kita. Kelebihan gula darah bisa diakibatkan karena kurangnya produksi insulin yang mengolah gula darah menjadi energi. Ada 2 jenis diabetes yaitu tipe 1 dan tipe 2, biasanya orang yang terkena diabetes berusia tua tetapi tidak menutup kemungkinan orang muda juga dapat terkena diabetes. Sering kali diabetes baru diketahui setelah penyakit tersebut sudah parah. Ada juga orang yang tidak mengetahui apa saja ciri – ciri tubuhnya normal atau mengalami penyakit diabetes. nah pada kesempatan kali ini kita akan bahas mengenai ciri – ciri diabetes yang umumnya jarang diketahui orang.
ciri ciri penyakit diabetes
ciri ciri diabetes . Sumber foto : pengobatan(dot)org

Ciri – ciri diabetes
1. Tubuh mengalami kesemutan atau mati rasa
Waspadalah bila anda sering kali mengalami kesemutan pada bagian tubuh tertentu. Kesemutan disebabkan karena kurangnya pasokan darah yang masuk ke tangan, atau kaki. Bila kesemutan berlarut – larut akan menyebabkan mati rasa, mati rasa pada bagian tubuh tertentu disebabkan karena sel saraf yang rusak sehingga tidak dapat lagi merasakan apa – apa.
2. Terlalu sering buang air kecil
Buang air kecil yang terlalu sering bisa menjadi ciri  - ciri penderita diabetes. Biasanya seseorang akan banyak buang air kecil bila ia kebanyakan minum air maupun minuman yang manis. Tetapi bila anda tidak melakukan hal itu dan anda tetap saja banyak buang air kecil maka bisa jadi anda terkena diabetes.
3. Terjadi penururan berat badan yang drastis
Orang gemuk selalu diidentikkan dengan penderita diabtes, meskipun banyak juga orang yang kurus menderita diabetes. Seseorang yang terkena diabetes maka tubuhnya tidak mampu lagi menyerap glukosa. Jika sudah demikian maka tubuhnya akan turun secara drastis.
4. Nafsu makan meningkat
Seorang penderita diabetes mengalami kesulitan mengolah glukosanya menjadi energi. Akibatnya sel – sel tubuh selalu merasa kekurangan energi. Sel tersebut mengirim sinyal ke otak dalam bentuk rasa lapar yang menyebabkan penderitanya selalu ingin makan.
5. Kemampuan melihat menjadi kabur
Salah satu gejala diabetes ketika mata anda perlahana mulai sulit untuk melihat atau segala menjadi kabur saat dilihat. Hal ini disebabkan karena banyaknya gula yang masuk ke sel – sel saraf mata dan menghalangi pandangan. Mata akan menjadi buta bila gula darah tidak dikurangi, tetapi akan normal kembali bila gula darah juga menurun.
6. Kulit menjadi kering, gatal dan bersisik
Selain pada mata, gula darah yang banyak di dalam tubuh merusak sistem sirkulasi tubuh, kelenjar keringat tidak akan berfunngsi dengan baik. Namun tidak semua orang yang berkulit kering menderita diabetes karena banyak faktor lain penyebab kulit kering.
7. Mudah sekali kelelahan
Walaupun banyak makan tetapi penderita diabetes akan mudah sekali mengalami kelelahan sebab tubuhnya tidak mampu menyerap gula menjadi energi di dalam tubuhnya.
8. Mudah sekali haus
Haus disebabkan karena di dalam tubuh terdapat banyak gula yang tidak diolah. Gula tersebut menyerap air yang ada di dalam tubuh. Akibatnya tubuh kita sendiri mengalami dehidrasi makanya penderita diabetes mudah haus.
9. Luka yang sulit sembuh
Biasanya luka kecil dapat segera sembuh dan mengering dalam waktu 1-3 hari. tetapi bagi penderita diabetes bila mengalami luka maka akan lama sembuhnya. Hal ini disebabkan karena terganggunya sistem imun dalam mengerjakan tugasnya.
10. Muncul penyakit pada gusi
ciri  - ciri diabetes juga dapat dilihat dari kondisi gusinya, biasanya gusinya akan berwarna merah, bengkak dan juga bisa mengalami iritasi.
11. Mudah terkena infeksi jamur dan bakteri
Akibat dari tidak bekerjanya sistem imun dengan baik maka kuman akan dengan mudahnya masuk dan berkembang di tubuh penderita jamur. Penyakit tersebut dapat berupa bakteri maupun infeksi jamur.
Demikianlah 11 Ciri – ciri diabetes yang mesti kita waspadai. Semoga kita dapat terhindari dari penyakit diabetes.
Baca juga artikel mengenai  :