Friday, 13 November 2015

10 Cara mencegah diabetes yang harus kita ketahui

Tags

Cara mencegah diabetes – Diabetes telah menjadi salah satu penyakit yang cukup membahayakan dunia saat ini. Pola hidup yang tidak sehat dan kurangnya olahraga rutin menjadi pemicu utamamanya. Sangat banyak orang yang terkena diabetes dan dipastikan akan terus bertambah. Namun tidak banyak orang yang tahu mengapa ia terkena diabetes. Oleh karena itu sebaiknya kita harus mencegah diabetes sebab bila sudah terkena akan sulit untuk diobati.
Mencegah-diabetes-1024x428

Cara mencegah diabetes. foto : effandra(dot)com
Nah bagaimana cara mencegah diabetes akan kita bahas berikut ini :
1. Memahami diabetes
Untuk mencegah diabetes maka seseorang harus memahami secara mendalam apa itu diabetes mulai dari tipe – tipe diabates, dampak serius diabetes, dan apa saja yang menyebabkan diabetes.
2. Mengurangi porsi makanan harian
Sebuah cara ampuh mencegah diabetes adalah dengan mengurangi porsi makan karena kandungan glukosa di dalam makanan yang biasanya cukup tinggi.
3. Rutin melakukan olahraga
Olahraga banyak manfaatnya mulai dari membantu menjaga berat badan juga efektif dalam meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin. Lakukan olahraga setiap hari beberapa menit agar gula di dalam darah dapat diolah maksimal oleh tubuh menjadi energi.
4. Menurunkan berat badan
Bagi anda yang bertubuh gemuk maka menurunkan berat badan hingga ideal adalah solusinya karena bertubuh gemuk dan memiliki lemak tubuh yang banyak dapat berpotensi terkena diabetes tipe 2.
5. Sarapan rutin di pagi hari
Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sarapan mulai dari mencegah makan banyak di siang hari juga akan mengurangi resiko terkena diabetes.Orang yang tidak sarapan biasanya akan banyak makan di siang harinya.
6. Kurangi makanan berlemak
Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi karena selain dapat meningkatkan resiko diabetes juga dapat membuat kegemukan dan mengurangi resistensi terhadap insulin.
7. Kurangi minuman yang manis – manis
Minuman manis memang enak dan menyegarkan tetapi terlalu banyak mengonsumsi minuman yang manis dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah kita. Sebaiknya kurangi sendok gula yang masuk ke dalam minuman anda.
8. Banyak mengonsumsi sayuran
Sayur – sayuran amat baik bagi kesehatan mulai dari mengandung serat yang tinggi juga sedikit kandungan kalorinya. Perbanyaklah makan sayur dibandingkan dengan nasi agar kebutuhan serat terpenuhi.
9. Cegah stres
Stres yang berkepanjangan dapat memicu seseorang untuk makan lebih banyak lagi, selain itu produksi gula darah akan meningkat. Stres dapat berasal dari pekerjaan sehari – hari maupun urusan di dalam rumah. Oleh karena itu setiap hal yang kita alami dibawa santai saja agar tidak mudah stres.
10. Tidur yang cukup
Hindari begadang karena dapat meningkatkan nafsu makan di malam hari, tidur yang nyenyak juga dapat meningkatkan produksi hormon kortisol di dalam tubuh, hal ini menyebabkan produksi hormon insulin bisa meningkat untuk menormalkan gula darah.
Demikianlah 10 Cara mencegah diabetes , yang harus kita ketahui. Mencegah lebih baik daripada mengobati.
Baca juga artikel sebelumnya :

Kenali Penyakit Diabetes Lebih Jauh Serta Cara Menanggulanginya Dengan Obat Herbal