Pengertian Simbiosis parasitisme, contoh simbiosis parasitisme

Simbiosis parasitisme -  Simbiosis parasitisme adalah hubungan timbal balik antara 2 makhluk hidup dimana pihak yang 1 dirugikan dan pihak yang lain diutungkan. Terdapat banyak sekali makhluk hidup  yang mengalami hubungan simbiosis parasitisme dan mereka selalu hidup secara berdampingan.

simbiosis parasitisme

Contoh simbiosis parasitisme

Agar lebih mudah memahami mengenai simbiosis parasitisme maka berikut ini disajikan banyak contoh dari simbiosis parasitisme.

1. Tali putri dan inangnya

taliputri selalu hidup pada inangnya untuk mempermudah memperoleh makanan karena tali putri tidak dapat melakukan fotosintesis makanya ia melekat pada tumbuhan lain sebagai inangnya. Tumbuhan inangnya yang lama ditempeli akan mati perlahan – lahan karena zat organiknya diambil oleh tali putri.

2. Cacing pita dan manusia

Cacing pita dapat hidup mata tubuh manusia di bagian usus halus. Cacing ini sering tidak mudah disadari keberadaannya, cacing pita akan mengonsumsi makanan yang dimakan oleh manusia sehingga manusia akan rugi karena zat makanannya diambil cacing pita.

3. Benalu dan inangnya

Benalu sering hidup pada puncak tumbuhan atau biasa disebut inangnya. Benalu akan hidup menempel dan akarnya menyatu dengan batang tanaman. Akibatnya sari makanan akan dihisap oleh benalu dan membuat tumbuhan inangnya perlahan mengalami kematian.

4. Cacing tambang dan manusia

cacing tambang adalah salah satu jenis cacing yang dapat hidup di dalam tubuh manusia dan bersifat merugikan karena dapat menyebarkan bibit penyakit. Selain itu cacing tambang akan menyerap darah manusia dan menyebabkan manusia mengalami anemia.

5. Raflesia arnoldi dan inangnya

Bunga raflesia arnoldi tidak memiliki akar, batang maupun daun sehingga untuk memperoleh makanan diambil dari inangnya. Akibatnya inangnya tidak akan dapat bertahan hidup lebih lama lagi.

6. Kutu dan tempat tinggalnya

Kutu dapat hidup pada kulit kepala manusia dan beberapa jenis hewan lainnya, kutu akan menyerap darah sebagai sumber makanannya dan membuat penderita mengalami gatal – gatal,

7. Tikus dan petani

Tikus sering kita temukan di sekitar sawah terutama menjelang musim panen karena tikus sering sekali menyerang sawah petani untuk mengambil padi. Petani akan dirugikan dengan hadirnya ratusan tikus ke sawahnya.

Demikianlah pembahasan artikel simbiosis parasitisme, dan contoh simbiosis parasitisme. Semoga kita dapat memahaminya.

Baca juga :

Kenali Penyakit Diabetes Lebih Jauh Serta Cara Menanggulanginya Dengan Obat Herbal

Pengertian simbiosis komensalisme, contoh simbiosis komensalisme

Pengertian Simbiosis mutualisme, Contoh simbiosis mutualisme

Photo : teguhtdodo.wordpress(dot)com