Saturday, 20 September 2014

Penyusun Membran Sel

Tags

Penyusun Membran Sel - Penyusun membran sel atau biasa disebut membran plasma terbentuk oleh dua komponen yaitu lipid dan protein. Dua komponen tadi merupakan komponen utama dalam membentuk membran sel dan gabungan kedua komponen ini dinamakan lipoprotein.

Saat ini, model penyusunan kedua molekul tadi di dalam membran sel di sebut dengan model mosaik fluida dimana membran pada dasarnya terbuat dari lipid. Zat yang larut dalam lipid yang memasuki sel jauh lebih cepat dengan zat yang tidak larut dalam lipid.

penyusun membran sel

Dan terbentuknya membran akibat dari struktur molekularnya terbantu oleh kemampuan fosfolipid. Di sini, fosfolipid adalah salah satu molekul amfipatik yang memiliki daerah hidrofolik dan hidrofobik atau daerah dimana cenderung menyukai air dan takut dengan air.

Merujuk pada keterangan ini, maka membran sel sifatnya adalah semi permeable atau selektif permeable yang fungsinya adalah untuk mengatur keluar masuknya zat di dalam sel. Untuk nilai permeabilitas air pada membran ganda pada lipid adalah antara 2 sampai 1.000 X 10-5 cm2/sdt. Dan, membran plasma pada sel epitelial ginjal memiliki nilai permeabilitas tertinggi di bandingkan yang lainnya.

Selain epitelial ginjal, beberapa sel glia dan sel-sel lain yang dipengaruhi oleh protein membran jenis akuaporin juga memiliki angka tinggi dari permeabilitas. Akuaporin itu sendiri memungkinkan adanya transporter air yang sangat peka pada vasopresin, serta ekspresi akuaporin-4 sangat tinggi ditemukan di sel glia dan ependimal.

Nah, itulah ulasan singkat tentang penyusun membran sel yang intinya adalah terbentuk dari dua molekul yaitu lipid an protein (lipoprotein).