Monday, 27 October 2014

Adakah Bakteri Yang Menguntungkan?

Tags

Bakteri yang menguntungkan - Jika kita menyebutkan istilah bakteri, maka otak kita akan mengacu pada makhluk mikroskopis yang merugikan manusia. Sebenarnya tidak semua bakteri itu menrugikan atau berbahaya bagi manusia. Bakteri memiliki jenis yang sangat banyak dan memiliki karakter yang bermacam-macam.
Dengan adanya keanekaragaman ini, terdapat banyak pula bakteri yang menguntungkan manusia sehingga dapat dikomersilkan. Contoh bakteri yang menguntungkan adalah bakteri pengurai zat sisa pembuangan (kotoran). Jika kotoran yang diuraikan adalah kotoran ternak, maka hasil penguraian tersebut dapat digunakan untuk pupuk kandang yang dapat menyuburkan tanah saat ditanami. Pemanfaatan bakteri yang menguntungkan ini banyak dipraktekan oleh para petani dan pengusaha pupuk kandang.
Bakteri lain yang tidak kalah pentingnya untuk manusia dan makhluk lain adalah bakteri nitrifikasi. Dimana bakteri ini mampu mengikat senyawa nitrat yang ada di dalam tanah sehingga dapat digunakan untuk tumbuhan. Bakteri ini sangat banyak dijumpai pada akar tanaman kedelai dan kacang tanah. Bakteri tersebut secara berkoloni hidup di dalam akar tanaman kedelai dan kacang tanah dengan interaksi yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme). Bakteri mampu mengikat nitrat yang banyak dari dalam tanah kemudian diserap oleh akar tanaman dan dijadikan sumber makanan oleh tumbuhan tersebut. Hasil pengolahan makanan akan di edarkan ke selruh tubuh tanaman, tak terkecuali akar yang banyak mengandung bakteri. Sehingga bakteri yang menguntungkan ini mampu bertahan hidup.
Di dalam tubuh manusia juga banyak sekali bakteri yang hidup, baik di dalam mulut hingga di akhir organ pencernaan (dubur). Bakteri di dalam organ pencernaan sangat banyak dijumpai pada usus yang berguna sebagai pembusuk sisa makanan yang telah dicerna sehingga dapat dikeluarkan menjadi fases. Bakteri yang menguntungkan lainya dapat pula dibudidayakan untuk dikomersilkan sebagai usaha atau sebagai media pembelajaran. Bakteri yang dikomersilkan dapat dijumpai pada minuman berfermentasi dan produk-produk hasil fermentasi dari bakteri, misalnya yogurt dan keju. Yogurt dan keju adalah produk fermentasi dari susu dengan berbagai pengolahan yang lebih lanjut dan canggih.
image
Secara umum inilah daftar bakteri yang menguntungkan manusia
- Lactobacillus acidophilus digunakan untuk pembuatan susu yang lebih baik
-  Tobacillus acidophilus digunakan untuk pembuatan yoghurt dan sour cream
- Cyanocobalamin berperan dalam meningkatkan vitamin B12 di dalam sistem pencernaan
- Acidophilus bifidus berperan dalam menurunkan kadar kolesterol tubuh
- Streptomyces berperan dalam pembuatan antibiotik
- Probiotik berperan dalam sintesis vitamin K untuk mempercepat pembekuan darah
- Acidophilus Bacteria berperan mencegah pertumbuhan jamur pada organ kelamin wanita
- Streptococcus mutans berperan dalam mengubah sukrosa menjadi asam laktat pada mulut.
Artikel yang sebaiknya dibaca juga