Thursday, 16 October 2014

Pahami Perbedaan Transpor Aktif dan Transpor Pasif

Tags

Perbedaan Transpor Aktif dan Transpor Pasif - Tubuh kita terdiri dari bagian-bagian kecil yang disebut dengan sel. Sel ini akan mengangkut beberapa kebutuhan bagi sel itu sendiri dan juga bagi beberapa bagian lainnya di dalam tubuh kita. Proses pengangkutan ini juga disebut transport. Proses Transpor ini sendiri dibagi menjadi dua yaitu transpor aktif dan pasif. Lalu apa perbedaan transpor aktif dan transpor pasif? Anda akan mendapatkan jawabannya di sini.

Perbedaan transpor aktif dan transpor pasif

Sebelum kita mengetahui perbedaan transpor aktif dan transpor pasif kita perlu paham terlebih dahulu bahwa keduanya adalah bentuk dari pergerakan molekul untuk melintasi membrane sel. Pada transpor aktif, gerakan molekul akan melawan membrane sel. Sedangkan pada transport pasif gerakan yang akan dilakukan adalah gerakan dari membrane sel tinggi ke membrane sel yang rendah. Selain berbeda dengan jenis gerakannya, kita juga bisa menemukan perbedaannya dari penggunaan energi dan juga perbedaan konsentrasi membrane sel itu sendiri.

Seperti yang bisa kita bedakan antara aktif dan pasif, dalam penggunaan energi, transpor aktif akan menggunakan energi sedangkan transpor pasif tak menggunakan energi. Transpor pasif tidak membutuhkan energi karena membentuk gerakan dari yang tinggi ke yang rendah. Selain dari sisi energi, kita mendapatkan perbedaan transpor aktif dan transpor pasif dari sisi konsentrasi. Konsentrasi sel yang dibutuhkan untuk transport aktif justru lebih banyak dibandingkan dengan transport pasif hal ini karena pada transport aktif, gerakan yang dilakukan adalah gerakan melawan membrane sel.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Dinding Sel

Sel prokariotik