Sunday, 16 November 2014

Bagian- Bagian Bunga dan Fungsinya

Bagian-bagian bunga dan fungsinya – Seperti yang kita tahu bunga itu sendiri memang memiliki bagian-bagian yang cukup banyak dengan fungsinya pun yang cukup unik. Adapun bagian-bagian dan fungsinya sebagai berikut:

- Tangkai Bunga yang mana merupakan bagian bunga yang berada dibagian paling bawah, tangkai bunga ini memilik fungsi sebagai penopang bunga dan juga sebagai penyambung antara bunga dengan batang

- Kelopak Bunga yang mana merupakan bagian buang yang memiliki fungsi untuk melindungi mahkota bunga ketika sedang kuncup.

- Mahkota Bunga, yang mana memiliki warna bervariasi sehingga seringkali disebut juga dengan perhiasan bunga. Dengan warnanya yang bervariasi dan menarik tentunya memikat para kupu-kupu untuk hingga dan melakukan proses penyerbukan.

- Benang Sari yang memiliki fungsi sebagai alat kelamin jantan

- Putik yang mana terdapat dibagian tengah bunga, putik ini biasanya dikelilingi oleh Benang Sari yang juga berfungsi sebagai alat kelamin betina. Putik itu sendiri terdiri atas kepala dan tangkai putik.

- Yang terakhir yakni Dasar dan Tangkai Bunga yang memiliki fungsi sebagai tempat kedudukan bunga

Apakah Anda tahu apa yang dimaksud denga bunga sempurna dan tidak sempurna? Buang sempurna yakni bunga yang mempunyai seluruh bagian-bagian bunga itu sendiri, jika memiliki seluruh bagian kecuali putik maka disebuh juga dengan bunga jantan sedangkan jika memiliki seluruh bagian kecuali benang sari makan disebut juga dengan bunga betina. Untuk bunga yang memiliki 2 jenis kelamin yakni putik dan benang sari maka disebut juga dengan bunga hermafrodit.

Bagian bagian bunga

Contoh Bunga Sempurna

Adapun untuk contoh-contoh bunga sempurna antara lain adalah:

· Mawar

· Kembang Sepatu

· Bunga Matahari

· Bunga Tomat

· Kamboja

· Bunga Kopi

· Bunga Strawberry

Contoh Bunga Tidak Sempurna

Bunga yang tidak sempuran merupakan bunga yang hanya memiliki satu alat kelamin saja yakni contohnya sebagai berikut:

Bunga salak, vanili, pepaya, sawit, kelapa, jagung, melinjo

Jadi itulah informasi mengenai bagian-bagian bunga dan fungsinya yang mana tentu saja hal tersebut juga sudah dipelajari ketika masa-masa sekolah. Semoga apa yang sudah diberikan diatas bisa bermanfaat untuk Anda yang masih belum mengenal tentang bagian-bagian bunga itu sendiri J

Artikel Sebelumnya

Proses fotosintesis

Fungsi mitokondria

Ciri ciri bakteri