Berlangganan

Klasifikasi Makhluk Hidup , Tujuan Klasifikasi Makhluk hidup

Pada awalnya klafisikasi mahluk hidup itu sendiri didasarkan oleh para ahli mana mengelompokkan mahluk hidup ini sesuai dengan syarat international. Klasifikasi yang lebih kita kenal dengan pengelompokan aneka jenis hewan ataupun tumbuhan ke dalam kelompok tertentu, adapun klasifikasi modern itu sendiri berakarpada sistem Carolus Linnaerus yang mana mengelompokkan spesies nya menurut kesamaan sifat fisik yang tidak dimilik dan ilmu yang memperlajari tentang klasifikasi mahluk hidup itu sendiri dinamakan juga yakni taksonomi.

Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup

Tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah:

- Untuk mengelompokan mahluk hidup dimulai dari kesamaan ciri-ciri nya

- Untuk mendeskripsikan ciri-ciri suatu jenis mahluk hidup yang nantinya akan membedakan mahluk hidup dari jenis yang lainnya

- Untuk menyederhanakan pembelajaran mengenai mahluk hidup itu sendiri

- Untuk mengetahui hubungan kekerabatan mahluk hidup

- Untuk memberikan nama mahluk hidup yang masih belum diketahui namanya

Klasifikasi Makhluk Hidup

Manfaat Klasifikasi Makhluk Hidup

Sistem klasifikasi makhluk hidup memiliki manfaat antara lain yakni:

- Untuk memudahkan dalam mempelajari makhluk hidup yang tentunya beraneka ragam

- Untuk mengetahui jenis-jenis mahluk hidup

- Untuk mengetahui hubungan kekerabatan mahluk hidup yang satu dengan yang lainnnya

Klasifikasi Makhluk Hidup

Dasar-Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup

Setiap mahluk hidup mempunyai ciri khas yang mana bisa membedakan antara mahluk hidup yang satu dengan yang lainnya, akan tetapi ada beberapa mahluk hidup yang mempunyai kesamaan. Jadi untuk itu dasar klasifikasi mahluk hidup didasarkan dari beberapa hal yakni sebagai berikut:

1. Berdasarkan Persamaan

Cara klasifikasi yang ini tentunya dilihat dari kesamaan ciri-ciri yang terdapat pada mahluk hidup, contohnya ayam dan elang mana digolongkan sebagai jenis aves karena mempunyai sayap dan juga paruh.

2. Berdasarkan Perbedaan

Cara klasifikasi yang ini tentunya akan dilihat dari perbedaanya yakni contohnya saja ayam dan elang berdasarkan jenis makanannya , ayam merupakan hewan herbivore sedangkan elang yakni karnivora

3. Berdasarkan Ciri Morfologi dan Anatomi

Cara klasifikasi yang ini akan dilihat dari persamaan dan perbedaan mahluk hidup yang bsia dilihat dari bentuk luar mahluk hidup tersebut contohnya saja bentuk paruh atau jumlah sayap. Untuk tumbuhan sendiri maka akan dilihat dari bentuk, bentuk daun, bentuk bunga, warna bunga dan lain-lain. Ciri-ciri ini yang kita sebut juga dengan morfoligi, namun jika mengamati tumbuhan dari ada tidaknya sel trakea, cambium, ini yang dinamakan anatomi.

4. Berdasarkan Ciri Biokimia

Sesuai dengan perkembangan zaman, untuk menentukan klasifikasi mahluk hidup dibutuhkan juga cirri-ciri biokimia yang mana dilihat dari jenis enim, protein, dan juga DNA yang mana bisa menentukan hubungan kekerabatan antara mahluk hidup yang satu dengan lain.

5. Berdasarkan Manfaat

Berdasarkan manfaatnya ini tentu merupakan klasifikasi yang memudahkan kita untuk memanfaatkan dengan suatu mahluk hidup.

Klasifikasi Makhluk hidup

Tahapan Klasifikasi Makhluk Hidup

Tahapan dalam klasifikasi mahluk hidup yang dilakukan oleh Linnaeus adalah sebagai berikut:

- Identifikasi yang mana merupakan proses mengindentifikasi ciri-ciri mahluk hidup yang akan nantinya diklasifikasikan

- Pengelompokan yang mana mengelompokkan mahluk hidup yang berdasarkan ciri-ciri yang mana dimilikinya, mahluk hidup yang memiliki ciri-ciri sama bisa dikelompokan dalam satu kelompok yang sama yang mana disebut dengan takson

- Pemberian nama yang mana ditujukan untuk mempermudah mengenal ciri-ciri suatu mahluk hidup tertentu.

Jadi itulah informasi mengenai klasifikasi mahluk hidup yang mana tentunya cara tersebut sudah dilakukan sejak dahulu dimana bertujuan untuk membedakan dan memudahkan untuk mempelajari mahluk hidup yang ragam dan bentuk nya yang bervariasi. Semoga bermanfaat J

Artikel Terkait

Fungsi Ribosom

Fungsi Vakuola

bagian bagian sel