Thursday, 13 November 2014

Mengenal Ciri-ciri Reptil Indonesia

Ciri – ciri Reptil - Hewan reptile merupakan salah satu kelompok hewan yang memiliki tulang belakang atau vertebrata. Kelompok reptile merupakan kelompok hewan yang berdarah dingin. Untuk lebih mudah dalam mengenali dan mempelajari anggota reptile ini sebaiknya kalian mengetahui ciri-ciri reptil dengan baik. Sesuai dengan nama kelas, anggota reptilian merupakan kumpulan hewan melata (reptum). Berikut ciri-ciri reptil yang paling mudah dikenali yakni :

1. Hewan yang memiliki tulang belakang

2. Sebagian besar tubuhnya ditutupi oleh sisik

3. Telah memiliki anggota tubuh yang lengkap yakni kepala, leher, badan dan ekor

4. Jantung hewan reptile telah memiliki 4 ruang tetapi dalam bentuk yang belum sempurna

5. Telah bernafas menggunakan paru-paru

6. Sebagian besar anggota kelas reptilian berkembangbiak dengan cara bertelur

7. Berdarah dingin

Ciri ciri reptil

Contoh Hewan Reptil

Setelah kalian mengenal ciri-ciri hewan reptil, tentu kalian dapat menunjukkan contoh hewan yang tergolong ke dalam kelas reptile. Hewan reptile yang paling mudah dikenali ialah hewan yang berjalan dengan cara melata. Contoh hewan reptile yang sering kalian jumpai dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

1. Cicak (Gekkonidae)

2. Ular (Ptyas korros)

3. Ular tanah (Calloselasma rhodostoma)

4. Buaya (Crocodilya)

5. Bunglon

6. Biawak

7. Komodo (Varabus Komodoensis)

8. Penyu sisik (Eretmochelys imbricata)

Itulah beberapa contoh hewan reptile yang sering kita jumpai. Beberapa jenis hewan reptile tergolong ke dalam hewan yang dilindungi. Beberapa hewan reptile yang dilindungi atau langka yakni

1. Penyu hijau (Chelonia mydas)

2. Kura-kura duri (Heosemys spinosa)

3. Baning Sulawesi (Indotestudo forstenii)

4. Kura-kura Sungai Kalimantan (Orlitia borneensis)

5. Ular Schmutz’s Worm (Typhlops schmutzi)

Jenis-jenis Reptil

Jenis-jenis hewan reptile terbagi ke dalam empat ordo yakni ordo Crocodilya, Rhyn Rhynchocephalia, Squamata, dan Testudines. Ordo Crocodilya merupakan ordo yang terdiri dari 25 spesies yang tergolong ke dalam hewan alligator. Contoh jenis reptil dari ordo Crocodilya adalah buaya, alligator, dan caiman. Spesies ini banyak mendiami wilayah perairan darat dan cukup spesie yang berada di Indonesia.

Ordo Rhynchocephalia merupakan ordo yang hanya memiliki satu jenis spesies saja yakni Tuatara (Sphenodon punctatus). Spesies ini hanya dapat hidup di daerah pegunungan dan banyak terdapat di wilayah Selandia Baru.

Ordo Squamata merupakan ordo dalam hewan reptile yang luas. Sebagian anggota ordo ini merupakan hewan yang berupa kadal dan ular. Ciri-ciri reptil ini banyak yang memiliki ekor berukuran panjang dan dapat beregenerasi. Contoh reptil dari ordo ini antara lain komodo (Varanus komodoensis), tokek dan cicak (famili Gekkonidae).

Ordo Testudines merupakan anggota reptile yang cukup luas karena memiliki sekitar 300an spesies yang anyak hidup di perairan laut. Beberapa spesies yang menjadi anggota filum ini adalah jenis penyu dan kura-kura. Beberapa contoh hewan reptil dari ordo Testudines diantaranya adalah berbagai jenis kura-kura berleher ular, penyu sisik (Eretmochelys imbricata), tuntong laut (B. borneoensis), dan lain-lain.

Artikel Sebelumnya

Ciri ciri hamil muda

Protista Mirip Jamur

Ciri ciri jamur