Thursday, 13 November 2014

Pengertian Osmosis, Proses Osmosis Dan Contoh Osmosis

Tags

Pengertian Osmosis – Sudah tahukah Anda apa itu Osmosis? Osmosi itu sendiri tentu saja diartikan sebagai proses berpindahnya pelarut dari sebuah larutan yang mana mempunyai daya konsentrasi yang rendah ataupun pelarut yang murni dengan melewati membran semppermeabel ke larutan yang mempunyai daya konsentrasi yang lebih tinggi sehingga pada akhirnya tercapai keseimbangan untuk laju pelarutnya. Proses ini tentu akan membuat molekul-molekul yang ada pada pelarut akan berpindah dari larutan yang lebih encer ke larutan yang lebih kental ataupun pekat. Osmosis juga bisa diartikan sebagai suatu fenomena yang terjadi alami namun bisa bisa dihambat secara buatan tentunya dengan meningkatkan tekanana dibagian konsentrasi yang lebih tinggi ataupun pekat sehingga nantinya akan melebih bagian konsentrasi yang lebih encer yang dilambangkan dengan π.

Proses Osmosis

Proses Osmosis

Anda bisa melihat proses Osmosis itu sendiri melalui suatu bejana yang dipisahkan oleh selaput semipermiable yang mana ditempatkan 2 larutan glukosa yang terdiri dari air yang berfungsi sebagai pelarut dan juga glukosa sebagai zat yang akan terlarut tentunya dengan konsentrasi yang berbeda satu sama lain. Air tersebut akan bergerak mulai dari larutan konsentrasi yang rendah bergerak menuju ke glukosa yang memiliki konsentrasi yang lebih tinggi melewati selaput permeable. Di proses ini, pergerakan air itu sendiri mulai berjalan dari larutan yang konsentrasinya tinggi ke konsentrasinya yang rendah. Larutan dengan konsentrasi zat larut lebih tinggi disini disebut juga dengan larutan hipertonis sedangkan untuk larutan dengan konsentrasi yang lebih rendah disebut juga dengan isotonis. Sedangkan untuk larutan yang berada diluar sel dan konsentrasinya lebih rendah didalam sel disebut juga dengan larutan hipotonis.

Contoh Osmosis

Contoh nya bisa Anda coba merendam sebuah wortel kedalam larutan garam 10%, nantinya sel-selnya pada wortel akan hilang rigiditas (kekakuannya). Tentu saja hal tersebut bisa terjadi karena potensiaol air dalam sel wortel jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan potensial air pada garam yang mana membuat air dalam sel akan keluar ke larutan garam tersebut. Jika Anda mengamatinya dengan menggunakan mikrosksp maka vakuola sel-sel wortel akan tidak tampak dan sitoplasma akan terlihat mengkertu dan juga membrane sel akan terkelupas keluar dari dindingnya.

Jadi itulah sekian informasi mengenai pengertian Osmosis, Proses Osmosis Dan Contoh Osmosis yang mana mungkin bisa membantu Anda untuk lebih jauh mengenail tentang prosesnya tersebut didalam kehidupan sehari-hari J

Artikel Sebelumnya

Pengertian Difusi, Proses Difusi dan Contoh Difusi

Ciri ciri Orang Sukses

Ciri ciri Gymnospermae