Berlangganan

Mengenal Lebih Jauh tentang Hormon Kortisol

Hormon kortisol adalah hormon yang biasanya dikaitkan dengan kondisi kita ketika kita merasa stress. Tubuh kita tentu mempunyai banyak sekali hormon. Produksi hormon bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Produksi hormon juga bisa memberikan efek pada tubuh kita. Dari banyaknya jenis hormon yang bisa kita temukan, ada baiknya kita mengetahui tentang kortisol ini. Kortisol ini juga seringkali disebut sebagai katabolic atau pembongkar. Kortisol ini akan memicu perubahan proses metabolisme dalam tubuh kita. Kortisol bisa membuat otot kita lebih kencang dan beberapa orang mengatakan hormon ini juga akan mempengaruhi sistem kekebalan dalam tubuh kita sehingga kekurangan kortisol akan membuat kita lebih mudah terserang penyakit.

Hand with pen drawing the chemical formula of cortisol

Ilustrasi hormon kortisol. Foto : amazine(dot)co

Daerah Penghasil Kortisol

Lalu dimanakah hormon kortisol ini diproduksi? Kortisol ini diproduksi oleh dua buah kelenjar adrenal yang ada di setiap ginjal. Kortisol mempunyai banyak sekali fungsi terutama yang berhubungan dengan tekanan darah dalam tubuh kita, fungsi kekebalan tubuh kita dan proses inflamasi dalam tubuh kita. Kortisol ini jumlahnya akan diatur oleh kelenjar yang bernama kelenjar hipofisis. Kortisol ini memang mempunyai beberapa peran penting dalam tubuh kita dan di bawah ini adalah beberapa peran penting dari kortisol.

Kelola Stres dan Cegah Masalah Tulang

Kortisol ini sangat baik untuk membantu tubuh mengelola stress. Anda tidak akan mudah merasa panik, cemas, marah dan lain sebagainya ketika anda merasa stress atau terkena sebuah masalah. Hormon ini juga akan bekerjasama dengan hormon lainnya misalnya insulin untuk bisa menjaga kadar gula di dalam darah kita sehingga kita akan bisa terhindar dari beragam masalah kesehatan misalnya masalah diabetes dan tingginya kadar gula dalam darah. Kortisol ini juga bisa membantu mengatasi masalah peradangan. Kortisol juga bisa membantu kita yang mempunyai masalah tekanan darah tinggi dan masalah kurangnya sistem kekebalan tubuh. Kortisol akan membantu kita trehindar dari beragam masalah tulang seperti pengeroposan tulang. Saat ini selain bisa diproduksi dalam tubuh, ada banyak kortikosteroid yang bisa digunakan untuk pengobatan. Anda bisa mencobanya dalam beberapa bentuk untuk menghindari kekurangan kortisol dalam tubuh anda. Di pasaran tersedia beberapa bentuk seperti:

- Krim. Krim ini bisa langsung dioleskan pada daerah kulit anda

- Tablet. Anda bisa menemukan dosis tablet yang bervariasi dan sebaiknya anda tidak mengonsumsi dalam jumlah yang banyak atau sesuai dengan kebutuhan anda saja.

- Suntikan. Jenis suntikan ini akan disuntikkan langsung ke bagian sendi yang terkena dan harus dilakukan oleh dokter atau orang yang mengerti kesehatan.

- Inhaler. Bentuk ini sangat banyak digunakan untuk anda yang terkena radang paru-paru dan juga penyakit sinus.

Kini anda bisa memilih salah satu bentuk kortikosteroid untuk membantu menambah atau mendapatkan fungsi dari hormon kortisol.

Baca juga artikel sebelumnya

Siklus menstruasi

Sistem pencernaan pada manusia

Sistem reproduksi pada manusia