Peroksisom Pada Sel Eukariotik

Peroksisom - Tahukah kalian apa itu peroksisom dan apa fungsinya? Jika belum, akan kami jelaskan disini, namun jika sudah ulasn ini akan mengingatkan kembali dan bisa menjadi bahan perbandingan kalian.
Nah, peroksisom didefiniskan sebagai organel yang terbungkus oleh membran tunggal yang pada dasarnya tersusun dari lipid ganda yang mengandung reseptor. Organel ini memiliki jumlah enzim sekitar 50, dan salah satunya difungsikan untuk mentransfer hydrogen peroksida sebagai salah satu produk sampingan.


Kebanyakan organel ini ada pada sel eukariotik. Pada tumbuhan ditemukan dua kategori dari oganel ini, namun untuk hewan hanya ada satu dari organel jenis ini. fungsi bagian organel ini di dalam sel hewan adalah katalisasi reaksi pertama dalam pembentukan plasmalogen. Dan, plasmalogen ini merupakan salah satu susunan terbanyak pada myelin yang ketika tidak simbang atau kurang akan menyebabkan degradasi pada saraf yang akhirnya akan membuat kerusakan saraf yang parah.
Sedangkan untuk tumbuhan, organel ini khusus untuk fotorespirasi dimana hasil pengikatan CO2 dan karbohidrat dikatalisasi. Dan proses ini melibatkan penggunaan dari O2 dan pelepasan CO2 oleh daun.
Selain untuk proses fotorespirasi ini, organel penting tadi sangat dibutuhkan oleh sel sabagai pemecah asam lemak yang nantinya akan dibawa ke mitokondria sebagai salah satu bahan bakar untuk respirasi. Selain itu, organel tersebut difungsikan sebagai penawar racun yang ada pada hati seperti racun alkohol.
Dengan demikian, lebih jelasnya jika peroksisom merupakan organel sel yang akan membantu terjadinya proses respirasi yang terjadi pada mitokondria.

Artikel terkait