Berlangganan

Mengenal Kelompok Hewan Invertebrata

Hewan invertebrata atau avertebrata merupakan kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Hewan ini terbagi menjadi 9 filum untuk mempermudah dalam mempelajari ciri-ciri setiap jenis hewan invertebrate. Apa sajakah yang menjadi ciri-ciri dan klasifikasi hewan invertenrata? Berikut adalah penjelasan mengenai ciri-ciri hewan invertebrata dan klasifikasinya.

Ciri-ciri Invertebrata

Ciri-ciri hewan invertebrata yang paling mudah dilihat yakni hewan invertebrate merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Untuk lebih mudah mengenali dan membedakan hewan invertebrate inilah beberapa ciri-ciri hewan invertebrate :

1. Hewan invertebrate tergolong dalam jenis hewan yang tidak memiliki tulang belakang

2. Hewan invertebrate biasanya terdiri dari susunan syaraf yang berada pada bagian perut hewan invertebrate. Sebagian besar tubuhnya berupa saraf perut (ventral) yang pada bagian bawah terdapat bagian saluran pencernaan.

3. Hewan invertebrate memiliki rangka luar

4. Pada bagian otak hewan avertebrata tidak dilindungi oleh tulang tengkorak

Ciri ciri invertebrata

Klasifikasi Hewan Invertebrata

Hewan invertebrata dibagi menjadi Sembilan fillum yang didasarkan pada bentuk, habitat dan cara hidupnya. Sembilan fillum tersebut yakni Annelida, Arthropoda, Coelenterata, Echinodermata, Mollusco, Nemathelminthes, Platyhelminthes, Porifera, dan Protozoa. Inilah penjelasan mengenai klasifikasi hewan invertebrate.

1. Annelida

Filum ini merupakan hewan invertebrate yang terdiri dari cacing bersegmen, tinggal di perairan baik tawar maupun laut. Karena anggota dari filum ini sangat banyak maka dikelompokkan kembali menjadi tiga kelas yaitu polychaeta, oligochaeta, serta hirudinea.

2. Arthropoda

Arthropoda merupakan filum yang terdiri dari berbagai macam serangga, udang, laba-laba, lipan dan hewan satu kerabat lainnya. Umumnya memiliki bentuk tubuh berbuku-buku dan tinggal di daerah perairan maupun daratan.

3. Coelenterata

Coelenterata merupakan filum yang terdiri atas jenis hewan simpel yang hanya dapat ditemukan di perairan, dan sebagian besar berada dalam perairan laut.

4. Echinodermata

Echinodermata merupakan filum yang dipenuhi dari jenis binatang laut seperti bintang laut,dan teripang serta hewan yang masih satu kerabat dengannya, sebagian besar anggota filum ini hidup dalam perairan laut.

5. Mollusca

Moluska merupaka hewan yang bertubuh lunak dan bersifat triploblastik selomata. Banyak hidup di perairan laut dan memiliki siklus hidup yang pendek.

6. Nemathelminthes

Nemathelminthes memiliki bentuk tubuh yang panjang dan tidak bersegmen dan berkembang biak secara kawin. Contoh : Enterobius vermicularis

7. Platyhelminthes

Platyhelminthes merupakan filum yang terdiri dari anggota cacing pipih, hidup dalam air tawar maupun air laut dan bersifat parasit. Contoh : Cestoda.

8. Porifera

Porifera merupakan anggota hewan invertebrate yang memiliki banyak pori dan merupakan hewan yang masih sangat simple. Contoh : Scypha

9. Protozoa

Protozoa merupakan jenis hewan pertama yang banyak di temukan didaerah perairan.

Artikel Sebelumnya

Keanekaragaman hayati tingkat gen

Struktur Kromosom

Proses Fotosintesis