Sunday, 2 November 2014

Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita Agar Terhindar dari Penyakit Kelamin Berbahaya

Tags

Kesehatan Reproduksi Wanita - Menjaga kesehatan reproduksi wanita merupakan suatu aktivitas secara menyeluruh yang bertujuan untuk merawat dan membersihkan area kewanitaan. Kesehatan reproduksi wanita meliputi seluruh organ dan bagian yang berperan sebagai alat reproduksi wanita. Oleh karena itu, organ reproduksi yang dikatakan sehat bukan berarti terbebas dari penyakit akan tetapi seseorang tersebut memiliki kebiasaan hidup dan aktivitas seksual yang sehat. Menjaga kesehatan reproduksi bagi wanita ialah suatu keharusan agar terhindar dari penyakit kelamin yang berbahaya. Akan tetapi, menjaga kesehatan reproduksi bagi wanita terkadang merupakan suatu aktivitas yang merepotkan. Bagaimana menjaga kesehatan reproduksi wanita agar terhindar dari berbagai macam penyakit dengan cara yang mudah dan praktis? Beberapa tips jitu berikut akan menjelaskan beberapa langkah menjaga kesehatan organ reproduksi Anda.

Kesehatan reproduksi wanita

Langkah Praktis Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Menjaga kesehatan reproduksi wanita dimulai dengan membiasakan hidup bersih setiap saat. Pola hidup bersih yang diterapkan dalam menjaga kesehatan reproduksi wanita antara lain ialah:

1. Membersihkan organ kewanitaan setelah melakukan buang air kecil dengan gerakan menyapu dari depan ke belakang. Gerakan ini bertujuan agar bakteri pada anus tidak menyebar ke dalam vagina.

2. Hindari menggunakan sabun berbentuk gel yang menghasilkan banyak busa karena tidak sesuai dengan pH organ kewanitaan Anda dan dikhawatirkan dapat menimbulkan iritasi dan matinya beberapa bakteri penting.

3. Gantilah celana dalam sebanyak dua kali sehari dan hindari menggunakan celana dalam yang terlalu ketat. Lebih baik apabila Anda tidak mengenakan pakaian dalam saat tidur agar sirkulasi udara dan peredaran tubuh Anda semakin lancar.

4. Basuhlah dengan air setelah melakukan hubungan suami istri dengan pasangan dan buang air kecil setelah 30 menit melakukan hubungan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya infeksi kandung kemih.

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita Saat Menstruasi

Kesehatan reproduksi wanita juga perlu perhatian ekstra ketika memasuki masa menstruasi. Biasanya wanita akan mengalami siklus keputihan beberapa hari sebelum mengalami menstruasi. Oleh sebab out pada masa ini, wanita perlu memperhatikan kesehatan organ kesehatannya. Inilah beberapa tips yang mudah dan praktis untuk diterapkan dalam rangka menjaga kesehatan reproduksi Anda.

1. Saat menjelang menstruasi Anda mungkin mengalami keputihan, gunakan celana dalam yang terbuat dari bahan katun sehingga mudah menyerap keringat dan jagalah agar kondisi vagina Anda tidak lembab

2. Saat masa menstruasi gantilah pembalut setiap 3 – 4 jam sekali. Lebih baik Anda menggunakan pembalut yang terbuat dari bahan alami untuk mengurangi efek samping.

3. Bersihkan daerah kewanitaan Anda setiap kali mengganti pembalut dan keringkan agar vagina tidak menjadi lembab.

4. Hindarilah mengonsumsi makanan cepat saji karena dapat meningkatkan produksi lender dalam vagina.

Itulah beberapa tips praktis dan mudah untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita. Jagalah kesehatan reproduksi Anda untuk kehidupan yang lebih baik.

Artikel Sebelumnya

Pengertian Bakteri

Teori Sel

Reproduksi Sel