Pencemaran Tanah di Sekitar Kita

Pencemaran Tanah - Pencemaran tanah merupakan suatu dampak dari aktivitas manusia yang negative. Aktivitas manusia yang dilakukan dalam jangka waktu panjang tersebut dapat menimbulkan kerusakan alam salah satunya yakni pencemaran tanah. Mengapa pencemaran tanah dapat terjadi? Pencemaran tanah dapat terjadi oleh beberapa factor yang menyebabkan. Hal tersebut terjadi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama sehingga menimbulkan penurunan kualitas tanah. Apa sajakah hal-hal yang dapat menyebabkan pencemaran tanah dan apa saja dampak yang akan ditimbulkan? Melalui pembahasan kali ini kalian akan mempelajari mengenai penyebab pencemaran tanah dan dampaknya bagi lingkungan.

Pencemaran tanah

Penyebab Pencemaran Tanah

Beberapa factor yang menyebabkan pencemaran tanah dapat meliputi dari factor aktivitas manusia dan factor alami yang secara alamiah terjadi di alam. Penyebab pencemaran tanah yang menyebabkan berbagai dampak negative terhadap lingkungan yakni factor yang datang dari aktivitas manusia. Kegiatan manusia yang dapat menjadi penyebab pencemaran tanah antara lain:

1. Membuang sampah sembarangan

Kegiatan mambuang sampah sembarangan dapat menjadi penyebab pencemaran tanah. Sampah yang dibiarkan menumpuk akan mengendap dalam tanah dan merusak kandungan unsure hara tanah. Zat-zat yang berasal dari sampah akan mengendap dalam tanah dan menimbulkan pencemaran tanah. Terlebih apabila sampah tersebut merupakan sampah non organic yang sulit terurai.

2. Penggunaan pupuk kimia

Menggunakan pupuk kimia memang menghasilkan hasil pertanian yang lebih bagus akan tetapi apabila penggunaan pupuk kimia dilakukan secara terus-menerus maka hal ini dapat menimbulkan pencemaran tanah. Tanah yang terus menerus diberikan pupuk kimia akan kehilangan kesuburannya sehingga menjadi tanah yang kurang baik untuk media tanam.

3. Limbah rumah tangga

Selain sampah dan penggunaan pupuk kimia, limbah rumah tangga juga turut andil menjadi penyebab pencemaran tanah. Limbah rumah tangga yang berupa cairan dan padatan dapat mencemari tanah dalam maupun tanah permukaan.

Dampak Pencemaran Tanah

Aktivitas manusia yang negative dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama mengakibatkan dampak terhadap lingkungan. Apabila tanah di sekitar kalian tercemar maka tanah akan kehilangan kemampuannya dalam menjaga keseimbangan alam. Tanah yang berfungsi sebagai tempat berkembangnya beberapa makhluk hidup dan mikroorganisme akan kehilangan perannya karena pencemaran tanah. Beberapa dampak dari pencemaran tanah ialah sebagai berikut:

1. Tanah yang tercemar akan mengalami penurunan kesuburan sehingga kurang maksimal apabila dijadikan sebagai lahan pertanian

2. Tanah yang tercemar akan mematikan sebagian besar mikroorganisme pengurai yang tinggal dalam tanah sehingga tanah tidak dapat menguraikan bahan da zat sisa organism. Apabila ini berlangsung secara terus-menerus maka akan terjadi penumpukan zat sisa makhluk hidup yang dapat mengakibatkan berbagai bencana seperti tanah longsor, banjir, pengikisan tanah dan penurunan lapisan tanah.

3. Pencemaran tanah juga akan berdampak pada kandungan zat hara pada tanah. Tanah tak lagi dapat membantu penyerapan zat hara pada tanaman sehingga lahan untuk penghijauan akan berkurang.

Itulah beberapa dampak yang diakibatkan dari pencemaran tanah. Sebagai warga yang baik sebaiknya kita menghindari aktivitas yang dapat menimbulkan pencemaran tanah.

Artikel Sebelumnya

Bakteri yang menguntungkan

Pengertian Bioteknologi

Pengertian Molekul