Manfaat daun sirih bagi wanita dan kesehatan

Manfaat daun sirih – Sirih memiliki nama latin piper betle merupakan tanaman khas asli dari indonesia, tumbuhan ini hidup dengan merambat pada dinding maupun melilit pada kayu. Tanaman sirih ada 2 jenis ada yang daunnya hijau dan ada yang daunnya merah namun sama – sama memiliki aroma yang harum karena kandungan zat tertentu di dalamnya, selain itu daun sirih juga mengandung antiseptik. Daun sirih secara turun – temurun telah digunakan sebagai bahan obat terutama untuk kesehatan wanita. Nah apa saja manfaat dari daun sirih?

manfaat daun sirih

Manfaat daun sirih

Manfaat daun sirih bagi wanita

- daun sirih dapat membantu dalam mengatasi keputihan, yaitu dengan merbus daun sirih dengan 2 liter air dan gunakan airnya untuk membasuh area kemaluan dengan rutin hingga keputihan menghilang.

- Dapat membantu dalam mengurangi jumlah asi. Asi yang keluar berlebihan berdampak buruk bagi wanita yang menyusui karena dapat membuat mubadzir. Untuk mengurangi produduksinya maka ambillah beberapa daun sirih kemudian oleskan dengan minyak, bakar sebentar tanpa hangus lalu tempelkan pada area payu*ara anda.

manfaat daun sirih

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

- Daun sirih dapat membantu mengurangi bau badan karena aromanya yang harum. Anda dapat menggosok – gosok daun sirih atau mengoleskan airnya yang telah dimasak pada area sekitar ketiaknya.

- Dapat mengurangi timbulnya jerawat di wajah, punggung dan bagian kulit lainnya karena daun sirih mengandung anti bakteri yang sangat bagus membunuh bakteri jerawat. Anda dapat mengoleskan air rebusan daun sirih ke wilayah berjerawat secara rutin.

- Dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit gigi, anti bakteri lagi – lagi berperan disini. Cobalah gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur – kumur secara teratur hingga sakit gigi hilang.

- Dapat mengatasi gusi berdarah, rebuslah 2 gelas air dan campurkan dengan daun sirih untuk digunakan berkumur – kumur agar pendarahan di gusi dapat berakhir.

- Dapat mengurangi penyakit bronkhitis yaitu denan merebus daun sirih bersama gula, kemudian airnya anda konsumsi secara rutin setiap hari.

Ternyata Manfaat daun sirih bukan hanya untuk wanita saja tetapi secara umum untuk membuat kita lebih sehat lagi.

Artikel sebelumnya

Manfaat minyak zaitun untuk kulit

Manfaat omega 3

Manfaat Asam Folat