Berlangganan

Mengenal Bakteri apel Listeria Monocytogenes yang sangat berbahaya

Bakteri Apel – Berita mengenai bakteri apel beberapa hari ini sontak membuat kaget terutama penggemar apel harus lebih waspada dalam memilih jenis apel yang dikonsumsinya, Apel yang mengandung bakteri tersebut ternyata hanya berasal dari apel impor Ameika Serikat, sedangkan apel lokal Indonesia aman – aman saja larangan memperjual belikan apel impor tersebut dikeluarkan langsung dari Who sehingga bisa di pastikan terdapat bahaya yang sangat mengancam dari bakteri apel tersebut. Nah kali ini kita akan mengulas bakteri apel yang memiliki nama latin Listeria Monocytogenes.

Bakteri Apel

Dari beberapa hasil penelitian ternyata bakteri apel Listeria Monocytogenes lebih berbahaya dampaknya dibandingkan dengan bakteri E.coli yang terkenal di masyarakat. Bakteri ini mudah sekali hidup pada bahan makanan yang mentah seperti pada sayuran mentah, daging hewan maupun susu yang tidak di pasteurisasi.

Bakteri apel yang terlanjur dikonsumsi dapat menyebabkan penyakit seperti meningitis. demam, nyeri otot, diare,  dan mual –mual.Sedangkan bagi ibu hamil dapat menyebabkan bayinya meninggal pada ssaat dilahirkan atau terkena meningitis ketika lahir. Gejala penyakit tersebut tidak langsung muncul bila baru saja mengonsumsi apel tetapi akan muncul beberapa hari, atau beberapa bulan kedepannya. Hal ini diperkuat dengan penelitian dari badan pengawasan penyakit amerika serikat karena gejala penyakit baru akan muncul pada hari ke 30 hingga 70 hari setelah mengonsumsi apel yang terkontaminasi.

Penyebaran bakteri apel ini cepat sekali di Amerika dan negara bagian bahkan sudah menyebabkan korban yang meninggal.

Pencegahan penularan dari bakteri ini dapat dilakukan dengan tidak mengonsumsi apel yang diduga terkontaminasi, pilihlah apel lokal yang lebih higienis dan lebih murah. Selain itu anda juga harus meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang bakteri Apel.

Demikianlah pembahasan mengenai bakteri apel semoga dapat menambah wawasan kita dan melindungi keluarga dari bahaya bakteri apel tersebut.

Artikel Sebelumnya

Penyakit Hemophilia

Ciri ciri asam urat

Penyakit Alzheimer