Berlangganan

Apa itu Penyakit Alzheimer dan Gejalanya?

Penyakit Alzheimer - Tahukah Anda dengan penyakit Alzheimer? Alzheimer atau yang dapat disebut juga sebagai demensia merupakan suatu penyakit yang menyebabkan seseorang mengalami kemunduran kemampuan intelegensia dan kecerdasan. Penyakit Alzheimer biasanya diderita oleh orang lanjut usia yang berusia 50 tahun ke atas. Pada usia lanjut seseorang telah mengalami penurunan kemampuan mengingat sehingga menderita kepikunan. Akan tetapi pada kasus dimensia yang sangat parah merupakan suatu penyakit Alzheimer. Apakah gejala yang menandakan penyakit Alzheimer dan siapa saja yang dapat beresiko mengalami penyakit ini? Berikut penjelasan mengenai penyakit Alzheimer dan gejalanya.

Penyakit Alzheimer

Gejala Alzheimer

Gejala penyakit Alzheimer secara umum dintandai dengan penurunan beberapa fungsi otak dan kecerdasan seseorang. Gejala penyakit Alzheimer ditandai dengan gangguan memori ringan seperti sering mengalami kelupaan menaruh barang dan melakukan suatu rutinitas. Selain itu pada gejala penyakit Alzheimer tingkat lanjut, penderita akan mengalami gangguan memori berat sehingga seperti mengalami disorientasi. Pada tahap ini penderita akan mengalami kesulitan mengingat hal-hal pokok seperti tempat tinggal, tempat bekerja, jalan pulang dan lingkungan sekitar. Gangguan ini akan semakin meningkat hingga seseorang mengalami ketidakmampuan dalam melakukan rutinitas sehari-hari. Orang yang menderita gejala ini menyebabkan ia tidak dapat melakukan kebiasaannya secara normal.

Akibat dari gangguan memori dalam melakukan kebiasaan maka seseorang yang mengalami Alzheimer akan sulit berkomunikasi dan berbicara karena ia lupa bagaimana melakukannya. Gejala lainnya ialah muncul perubahan sikap yang ditandai dengan cepatnya perubahan emosi diri. Seseorang yang mengalami Alzheimer akan terkena depresi karena ia sulit mengingat sesuatu dan hamper tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, seseorang yang terkena Alzheimer dapat dikenal dengan sulitnya ia membayangkan sesuatu yang abstrak dan kesulitan dalam mengambil keputusan.

Siapa Saja Yang Beresiko Menderita Penyakit Alzheimer?

Penyakit Alzheimer dapat diderita oleh siapa saja yang telah melewati usia 40 tahun. Namun, terdapat orang dengan criteria tertentu yang lebih beresiko mengalami penyakit Alzheimer. Meskipun saat ini belum dapat dipastikan factor-faktor yang menyebabkan penyakit Alzheimer. Beberapa orang yang berpotensi terkena penyakit Alzheimer ialah :

1. Orang lansia yang berumur lebih dari 50 tahun

2. Orang yang memiliki riwayat kesehatan Alzheimer

3. Orang dengan kadar gula darah tinggi dan menderita diabetes

4. Orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Orang dengan penyakit-penyakit tersebut sebaiknya wasapada dalam menghadapi masa tuanya agar terhindar dari penyakin Alzheimer atau demensia. Lakukanlah banyak olahraga dan menjalani pola hidup sehat akan lebih memberikan Anda kesehatan di hari tua.

Artikel Sebelumnya

Peroksisom

Siklus Sel

Sel Eukariotik