Berlangganan

Inilah tahapan Proses bayi tabung

Proses bayi tabung – Proses bayi tabung adalah salah satu teknologi bidang kehamilan yang cukup baru dikenal di indonesia. Saat ini orang yang menggunakan teknologi bayi tabung tidak banyak karena mahalnya biaya yang dikeluarkan. Bayi tabung biasanya dilakukan oleh pasangan suami istri yang sulit mendapatkan keturunan.. Bayi tabung adalah proses pembuahan yang dilakukan di luar tubuh ibu, dalam istilah latin disebut in vitro vertilization. Secara singkat proses bayi tabung dimulai dari pengambilan sel sperma ayah dan sel telur ibu, setelah itu dilakukan proses pembuahan di luar tubuh. Bila berhasil selanjutnya akan dimasukkan kembali ke dalam rahim sang ibu.

proses bayi tabung

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah tahapan proses bayi tabung :

1. Kelayakan pasien. Sebelum menggunakan teknologi bayi tabung pasien harus diseleksi dahulu dan harus memenuhi syarat untuk diikutkan dalam proses bayi tabung, syarat tersebut baik secara agaama, kesehatan maupun keuangan.

2. Perangsangan indung telur. walaupun setiap ibu hanya menghasilkan 1 telur tetapi di dalam proses bayi tabung harus digunakan banyak sel telur sehingga diharuskan untuk merangsang sel telur agar produksinya lebih dari 1.

3. Dilakukan pengamatan pertumbuhan folikel. Folikel adalah tempat produksi sel telur harus selalu dipantau apakah sudah matang untuk dipanen sel telurnya.

4. Pematangan sel telur dengan cara disuntikkan obat agar lebih siap dipanen.

5. Mengambil sel telur, setelah itu diolah di laboraturium agar bisa tetap hidup untuk pembuahan.

6. Sperma suami diambil di hari yang sama dengan pengambilan sel telur, proses ini dilakukan dengan cara masturbasi untuk orang normal. Namun jika ada masalah dengan sperma maka pengambilan dilakukan melalui operasi buah zakar.

7. Melakukan pembuahan (fertilisasi). Proses ini dilakukan di dalam laboraturium untuk mendapatkan embrio.

8. Seetelah embrio terbentuk selanjutnya dimasukkan ke dalam rahim untuk proses kehamilan.

9. Pemberian obat agar dinding rahim kuat mempertahankan janin selama masa kehamilan.

10. Embrio cadangan disimpan dalam kondisi beku untuk digunakan pada kehamilan selanjutnya.

proses bayi tabung

proses bayi tabung

Seperti itulah proses bayi tabung, semua proses tersebut dilakukan oleh dokter ahli. Bila anda bermasalah dengan proses memiliki keturunan dapat melakukan bayi tabung.

Artikel sebelumnya

Bagian bagian bunga dan fungsinya

Pengertian Kultur jaringan

Perbedaan batang dikotil dan Monokotil