Berlangganan

Pengertian Kultur Jaringan dan manfaat Kultur Jaringan

Pengertian Kultur Jaringan – Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai apakah yang dimaksud dengan kultur jaringan disini. Seperti yang kita tahu kultur tersebut merupakan kata yang mengacu pada budidaya dan kata jaringan tentunya berhubungan dengan kelompok sel yang memiliki bentuk dan juga fungsi yang sama. Dengan kata lain kultur jaringan merupakan budidaya suatu jaringan tumbuhan yang menjadi tumbuhan baru tentunya memiliki sifat asli seperti induknya. Mengapa untuk melakukan kultur jaringan perlu sekali menggunakan bagian jaringan meristem daripada tumbuhan itu sendiri? Tentu saja karena jaringan meristem itu sendiri merupakan jaringan muda yang berarti terdiri dari sel-sel yang bisa selalu membelah, terlebih lagi dinding nya pun tipis. Untuk memperbanyak tumbuhan dengan menggunakan metode kultur jaringan itu sendiri tentunya merupakan salah satu cara perkembangbiakan secara vegetative. Sebagian besar tumbuhan yang dikembangbiakan dengan cara vegetative itu sendiri lebih memungkinkan untuk menghasilkan tumbuhan yang mempunyai sifat yang sama dengan induknya ataupun kita bisa menggabungkan 2 sifat yang tidak sama untuk menghasilkan tumbuhan unggulan. Tumbuhan unggulan yang dimaksud tentunya kebal dari hama penyakit, mempunyai akar yang kuat, memilik bentuk morfolgi yang baik serta mampu menghasilkan buah yang lebat.

Pengertian Kultur jaringan

Manfaat Kultur Jaringan

Lalu apa manfaat dari kultur jaringan tersebut? Tentu dengan Anda menggunakan metode ini, tumbuhan baru bisa dihasilkan dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang relatif jauh lebih singkat, terus juga memiliki sifat fisiologi dan morfologi yang sama dengan induknya. Dengan menggunakan metode ini juga diharapkan bisa mendapatkan tumbuhan baru yang sifatnya unggul. Didalam bidang farmasi juga metode kultur jaringan biasanya digunakan untuk membuat obat-obatan seperti contohnya pohon kina yang dikembangbiakan dengan metode ini bisa menghasilkan senyawa kinidia(obat penyakit jantung aritmia). Tidak hanya itu saja, metode kultur jaringan ini bisa bermanfaat dibidang fisiologi tumbuhan contohnya anggrek yang jika diiri melintang bagian ujung akarnya akan terlihat warna tertentu.

Itulah sekilas mengenai pengertian kultur jaringan yang mana tentunya sangat berguna untuk Anda yang masih belum mengenal metode perkembangbiakan ini. J

Artikel Terkait

Ciri Ciri Hamil Anak laki – Laki

Ciri Ciri Diabetes

Ciri Ciri kanker Otak