Sistem Reproduksi Pada Tumbuhan Bunga-Bunga

Sistem Reproduksi Pada Tumbuhan Bunga-BungaBunga adalah struktur reproduksi tanaman berbunga. Setelah serbuk sari dipindahkan dari satu bunga ke bunga lain, pembuahan berlangsung. Bagian betina dari bunga yang dibuahi kemudian berkembang menjadi buah dan biji yang tersebar jauh dari tanaman induk. Kemudian, ketika kondisi cocok, biji-biji ini dapat berkecambah dan tumbuh menjadi tanaman yang berbunga. Dengan cara ini siklus dilanjutkan.

 Fakta 
Tanaman berbunga tertinggi adalah eucalyptus yang dapat mencapai ketinggian 132 m.
Tanaman berbunga terkecil adalah duckweed yang mengapung di permukaan air tambak. Panjangnya 0,5 mm.

Banyak tanaman menghasilkan bunga. Ketika bunga-bunga masih muda (dalam tunas) ada yang dilindungi oleh struktur seperti daun yang disebut sepal. Ketika bunga berkembang terbuka dan sepal melipat kembali atau jatuh, menunjukkan kelopak. Beberapa tanaman memiliki bunga berwarna-warni dan harum, sementara yang lain memiliki bunga yang kecil, tidak memiliki aroma dan tidak mudah dilihat.

Menggambar: Diagram yang dilabeli dari suatu sketsa LS melalui bunga yang khas.  © Shirley Burchill

Bunga adalah struktur reproduksi tumbuhan. Kebanyakan bunga adalah hermaprodit, ini berarti mereka memiliki bagian Jantan dan Betina. Bagian Jantan disebut benang sari. Bagian betina dari bunga disebut putik dan di dalam putik itulah telur (ovula) dibuat. Masalah utama untuk tanaman adalah bagaimana mendapatkan serbuk sari, yang mengandung sel kelamin laki-laki, ke bunga lain. Bunga-bunga berwarna cerah menggunakan jenis hewan tertentu untuk mentransfer serbuk sari mereka. Beberapa bunga bergantung pada angin untuk mengambil serbuk sari dari satu bunga ke bunga lain. Bunga-bunga ini kurang mencolok (kurang mudah dilihat).

Bunga yang diserbuki serangga

Sistem Reproduksi Pada Tumbuhan Bunga-Bunga


Sebagian besar hewan yang mentransfer serbuk sari dari bunga ke bunga adalah serangga. Bunga-bunga ini disebut bunga penyerbukan serangga. Serangga tertarik oleh warna dan aroma bunga. Bunganya menyediakan makanan bagi serangga yang mengunjungi mereka. Di bagian bawah kelopak ada karung yang mengandung zat gula yang disebut nektar.
Fakta
Bunga terkadang berguna bagi kita karena alasan lain selain hanya untuk hiasan. Beberapa bunga adalah makanan penting; brokoli, kembang kol  adalah koleksi kuncup bunga yang kita makan sebagai sayuran.
Banyak bunga digunakan untuk menambah rasa makanan. Cengkeh adalah kuncup bunga kering dan saffron berasal dari bagian betina crocus musim gugur ungu .
Di beberapa negara kelopak bunga mawar dan digunakan untuk membumbui makanan seperti sup dan salad.

Bunga dandelion dan elderberry digunakan untuk membuat anggur. Di China, bunga labu goreng dianggap sebagai makanan mewah!
Madu terbuat dari nektar. Nektar terbaik untuk membuat madu berasal dari bunga semanggi, oranye dan sage .
Beberapa kelopak bunga digunakan untuk membuat parfum mahal, seperti melati, mimosa, dan mawar . Kelopak bunga berwarna cerah digunakan untuk membuat pewarna untuk pakaian.